Share

9 Tombol Rahasia di Pesawat Airbus A320 yang Penumpang Wajib Tahu!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 406 2547195 9-tombol-rahasia-di-pesawat-airbus-a320-yang-penumpang-wajib-tahu-kW6zZsx2Ak.jpg Kursi pesawat Airbus A320 (shimanovskdm.ru)

PENGGUNA pesawat terbang, khususnya jenis Airbus A320, sudah tahu belum kalau ada beberapa tombol rahasia yang jarang diketahui oleh sebagian penumpang. Tombol-tombol ini berfungsi untuk kenyamanan selama perjalanan, agar lebih rileks dan kelengkapan fasilitas pesawat pu. Semakin terasa.

Dikutip dari channel YouTube Sheryl .1010, pramugari di salah satu maskapai penerbangan ini menunjukkan, beberapa tombol di Airbus A320 yang perlu diketahui oleh para penumpang.

"Ini adalah pesawat Airbus 320 seperti yang kalian lihat di sini, ada angka 25 ini adalah nomor tempat seat atau tempat kalian," katanya.

 BACA JUGA: Benarkah Pramugari Makan Makanan Sisa di Pesawat? Simak 4 Fakta Unik Awak Kabin

Kemudian Sheryl menunjukan arti huruf yang ada di nomor bangku, beserta tombol-tombol lainnya :

1. Arti huruf di seat

Setiap penumpang yang akan menaiki pesawat sebelumnya harus membeli tiket, sekaligus memilih nomor bangku yang tersedia di pesawat.

 Ilustrasi

Misalnya, jika Anda memilih atau kebagian bangku nomor 25 maka dibagi lagi. Huruf A menandakan duduk dekat jendela, di tengah sementara seat C letaknya dekat lorong pesawat.

2. Pendingin ruangan atau kabin

Kemudian jika Anda menengok ke atas ada bagian seperti tombol berbentuk bulat, itu adalah pendingin ruangan atau kabin. Suhunya bisa Anda atur sendiri, atau jika tidak ingin membukanya karena dirasa sudah dingin dari bangku lainnya, maka tidak masalah.

Cara menggunakannya mudah, Anda tinggal mengarahkannya ke kiri atau ke kanan. Namun pastikan jika Anda ingin mengatur suhunya, orang di samping Anda tidak merasa terganggu ya.

 BACA JUGA: Ada Ular di Kabin Pesawat, Pilot Terpaksa Alihkan Penerbangan

3. Lampu baca

Selanjutnya ada lampu baca, letaknya persis di samping pendingin. Jika dirasa cahaya di kabin kurang, sementara Anda ingin membaca buku, majalah atau koran, bisa menekannya.

Lalu jika sudah selesai membaca, dan menggunakannya jangan lupa untuk mematikannya kembali.

4. Passenger call

Passenger call atau alat pemanggil apabila Anda membutuhkan bantuan pramugari. Biasanya tombol ini bewarna kuning, dan saat membutuhkan bantuan Anda tinggal tekan saja.

Tapi perlu diingat, jangan sampai Anda menggunakannya untuk main-main. Gunakan sesuai kebutuhan, supaya Anda sebagai penumpang tidak merepotkan para pramugari dan pramugara.

5. Penutup jendela

 

Tempat duduk dekat jendela, biasanya menjadi seat paling favorit. Nah Anda bisa mengatur jendela dengan cara menutup atau membukanya.

Perlu ditekankan di sini yaitu bukan berarti Anda bisa membuka jendela pesawat. Tapi Anda dapat menggunakan penutup jendela apabila terlalu silau, atau takut melihat cuaca yang sedang ekstrem.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

6. Mini TV layar sentuh

Jika Anda bosan selama di pesawat, bisa menggunakan mini televisi (TV) untuk menonton film atau sekedar memainkan game.

Selain itu, Anda juga dapat melihat di mana posisi pesawat Anda sekarang berada. Mulai dari jarak menuju destinasi, suhu udara, ketinggian dan berapa kecepatan pesawat yang sedang dikemudikan oleh pilot.

7. Meja portable

Apabila Anda ingin meletakkan makanan, minuman, dan menulis bisa menggunakan meja portable yang sudah tersedia di masing-masing bangku penumpang.

Anda tinggal membuka kuncinya, kemudian menarik meja portable tersebut untuk digunakan. Nah ketika akan take off atau landing maka jangan lupa untuk menutupnya kembali.

 Ilustrasi

8. Seat belt

Ketersediaan seat belt di pesawat sangatlah penting. Hal ini guna sebagai keamanan diri selama perjalanan, Anda wajib menggunakannya.

Anda bisa mengencangkan dan melonggarkan seat belt. Nah jika ingin ke kamar kecil, sementara Anda dapat membukanya.

9. Tombol sandaran kursi

Selanjutnya adalah tombol sandaran kursi, letaknya ada di sandaran tangan. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Cara menggunakannya mudah, cukup tekan tombolnya, kemudian dorong atau tarik sandarannya. Apabila sudah dirasa lebih nyaman, maka bisa melepaskan tombolnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini