Share

7 Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 408 2547787 7-penghasil-minyak-bumi-terbesar-di-indonesia-NbXxIgpBiz.jpg 7 penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia (Foto Reuters)

ADA 7 daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Kekayaan alam yang di kandung daerah-daerah tersebut luar biasa.

Indonesia memang kaya dengan hasil bumi. Salah satunya minyak bumi yang kerap dijuluki sebagai emas hitam. Minyak bumi sebagian besar diolah menjadi bahan bakar untuk mesin berbagai kendaraan mulai dari motor sampai pesawat.

 BACA JUGA: 7 Kota Tercantik di Indonesia yang Digemari Wisatawan

Berikut deretan penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, seperti dirangkum dari beberapa sumber.

Riau

Di urutan pertama ada Riau. Provinsi ini merupakan penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Bayangkan saja, total produksi minyak bumi di Riau mencapai lebih dari 365 ribu barrel per hari.

Ini terdiri dari 359 ribu lebih barrel minyak mentah dan 6 ribuan barrel kondensat. Selain itu, ada enam blok minyak bumi di Riau. Di antaranya saja Siak block, Rokan, Mountain Front Kuantan, Selat Panjang, Malacca Strait dan Coastal Plains & Pekanbaru.

Kalimanan Timur

Berikutnya ada Kalimantan Timur. Ini merupakan tempat penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Salah satu kotanya, yakni Balikpapan bahkan terkenal sebagai ‘kota minyak’ sebagai penghasil minyak bumi terbesar. Ada beberapa lokas pengeboran minyak di lokasi ini.

 

Di antaranya saja kawasan Sanga-Sanga, Mamburungun, Kutai dan Mahakam. Total kapasitas produksinya bahkan mencapai lebih dari 134 ribu barrel per hari, yang terdiri dari 60 ribu barrel minyak mentah dan 74 ribu lebih barrel kondensat.

 BACA JUGA: 5 Kota Tertua di Indonesia, Usianya Lebih dari 1.000 Tahun!

Laut Jawa

Kemudian ada sektor laut Jawa. Semua block sumur minyak yang terdapat di Laut Jawa dapat menghasilkan minyak bumi sebesar lebih dari 65 ribu barrel per hari, dengan minyak mentah 62 ribuan lebih barrel serta 3 ribuan barrel kondensat.

Jawa Timur

Penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia urutan selanjutnya adalah provinsi Jawa Timur. Blok minyak yang terkenal di Jawa Timur yakni Cepu. Nah, provinsi ini mampu menghasilkan 52 ribu lebih barrel minyak mentah dan 326 barrel kondensat. Jika dijumlahkan, maka totalnya berkisar 52,6 ribu barrel per hari.

Sumatera Selatan

Selanjutnya ada Sumatera Selatan. Beberapa blok minyak di provinsii ini yakni Lematang, Ogan Komering, Rimau, South dan Central Sumatera dan Pendopo dan Raja blok. Total jumlah produksi minyak di Sumatera Selatan mencapai lebih dari 41 ribu barrel per hari.

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau masuk ke dalam jajaran penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.

Ilustrasi

Meski luas daratannya kecil, produksi minyaknya cukup besar yakni lebih dari 65 ribu barrel minyak perhari, dengan 62 ribu barrel minyak mentah dan 3 ribu barrel kondensat.

Papua Barat

Terakhir ada Papua Barat. Ini juga masuk ke dalam jajaran penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Kawasan ini mampu memproduksi 14 ribu lebih barrel per hari, yang terdiri dari 8 ribuan barrel minyak mentah dan 6 ribuan barrel kondensat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini