Share

Sandiaga Uno: G20 Momen Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 406 2547933 sandiaga-uno-g20-momen-kebangkitan-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-indonesia-qb9s3KEKKt.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa perhelatan Presidensi KTT G20 2022 merupakan momentum bagi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Kemenparekraf sendiri telah menyiapkan sejumlah program dan langkah strategis dalam mendukung keberlangsungan event bergengsi tersebut. Salah satu program utama yang diusung adalah Tourism Working Group (TWG) G20.

Bersama negara-negara G20, Kemenparekraf akan menggelar pertemuan tingkat pejabat yang terbagi menjadi dua rangkaian pertemuan. Pertemuan pertama adalah tingkat pejabat eselon 1 yang akan digelar pada 10-11 Mei 2022 di Labuan Bajo secara hybrid.

Pertemuan TWG kedua pada 23 September 2022 akan digelar di Bali secara luring. Kemudian dilanjutkan Tourism Minister meeting (TMM) pada 26 September 2022 di Bali. Dan sejauh ini, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa negara-negara G20 telah berhasil mengidentifikasi isu utama.

Infografis Destinasi Super Prioritas

"Working Group yang tersusun telah mengidentifikasi isu utama yaitu penguatan masyarakat sebagai agen perubahan untuk transformasi pariwisata. Oleh karena itu, working group ini akan memfokuskan pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan lebih lanjut untuk UMKM dan Community Based Tourism seperti desa wisata, desa kreatif, dan program-program yang berkeadilan," kata Sandiaga saat acara Kick Off Tourism Workiny Group 2022.

Sandiaga berharap, dengan tema tersebut, para menteri pariwisata G20 ditunjang dukungan UNWTO dan mitra terkait, akan menyepakati pedoman penguatan komunitas dan UMKM sebagai agen transformasi pariwisata, pemulihan yang berpusat pada rakyat.

"Melalui tourism working group ini kami harapkan dapat menghasilkan satu program yang konkret berdasarkan best practice, dan Indonesia sudah dianggap telah menjalankan best practice dalam menangani Covid-19 dan ini sudah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi," kata mantan Wagub DKI Jakarta ini.

Tahun ini, Kemenparekraf juga berencana melaksanakan back-to-back kegiatan Tourism Ministerial Meeting (TMM) G20 dengan kegiatan World Tourism Day 2022. Sehingga sinergi yang kuat di internal Kemenparekraf, termasuk sinergi bersama kementerian/lembaga adalah mutlak untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

Sandiaga lebih lanjut menegaskan peran penting Kemenparekraf yang harus menjadi Consensus Builder. Ide-ide/outcome document yang diterima seluruh negara anggota G20 nantinya harus merujuk pada tiga pilar arahan Presiden, yakni kesehatan yang inklusif, transformasi digital, dan transisi energi.

Menparekraf Sandiaga Uno

"Akhirnya, kami percaya bahwa 2022 adalah tahun kebangkitan, tahun yang luar biasa, tahun kepulihan yang akan membuka lapangan kerja luas yang akan menuju Indonesia Emas. Pariwisata akan jadi lokomotif," sebutnya.

"Saya mengajak seluruh stakeholders, untuk berlomba-lomba menggelar perhelatan-perhelatan yang mendukung G20 sebagai bagian dari semangat kita bersama yang mendukung suksesnya penyelenggaraan G20 di Indonesia. Saya mengharapkan dukungan yang aktif dalam pemulihan ekonomi Indonesia, karena penyelenggaraan event akan membuka peluang ekonomi dan ciptakan lapangan kerja," tandas Sandiaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini