Share

27 Taman di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 408 2548236 27-taman-di-surabaya-yang-wajib-dikunjungi-IPmDa7wQhO.jpg Taman Harmoni di Kota Surabaya (Antara)

ADA 27 Taman di Surabaya. Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat peradaban pada zaman Kolonial Belanda. Tak heran, karena peristiwa 10 November 1945, Surabaya mendapat julukan kota Pahlawan.

Terletak dekat dengan pantai, Surabaya memiliki banyak tempat wisata. Salah satu tempat lokasi yang tidak boleh terlewatkan adalah taman.

Di Surabaya sendiri, terdapat banyak taman yang ikonik dengan ciri khas masing-masing lokasi. Taman tersebut tidak hanya indah, tetapi juga terawat. Maka tak heran bila banyak orang yang melewatkan waktu untuk bersantai di sana.


Bukan hanya cocok untuk merelaksasi pikiran, taman-taman di Surabaya juga sangat baik sebagai rekomendasi untuk digunakan berfoto.

Lantas, taman apa saja yang ada di Surabaya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih atau biasa disebut Taman Sakura ini berlokasi di Jalan Keputih Tegal Timur No. 241, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

Memiliki keindahan dan kebersihannya, tidak akan ada yang menyangka bahwa taman ini merupakan bekas tempat pembuangan sampah di daerah tersebut.

Saat itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini telah “menyulap” Taman Harmoni menjadi ruang terbuka hijau yang cocok untuk objek foto.

2. Taman Wonorejo

Taman Wonorejo disebut juga Kebun Bibit Wonorejo. Objek wisata yang berada di Rungkut, Wonorejo ini memiliki luas kurang lebih 6 hektar dengan aneka bibit-bibit tanaman sejauh mata memandang.

Selain banyak tanaman yang membuat udara semakin sejuk dan nyaman, taman ini juga terdapat sebuah danau yang sangat cantik dan cocok untuk objek foto Instagram.

Maka tak heran, banyak pasangan yang memanfaatkannya untuk mengambil foto prewedding. Selain itu, ada pula fasilitas area jogging, dan refleksi kaki serta playground yang tidak dikenakan biaya apapun.

3. Taman Kunang-kunang

Bentuk kunang-kunang dalam lampu seolah memberikan kehangatan tersendiri pada setiap jepretan foto yang diambil pada lokasi ini.

Memang, Taman Kunang-kunang tidak memiliki koleksi kunang-kunang asli. Tetapi keberadaan lampu yang terang di malam hari memberi kesan tersendiri dan indah.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, alangkah baiknya berkunjung pada malam hari. Pasalnya, keindahan taman ini lebih mutlak jika diabadikan di malam hari. Sesuaikan kapasitas pencahayaan kamera dengan keadaan.

4. Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang adalah lokasi yang dipenuhi oleh tanaman-tanaman. Selain memiliki kekayaan alam hayati dengan keanekaragaman flora, lokasi ini juga sangat sejuk dan indah.

Jadi, jika belum sempat pergi ke kebun raya, maka lokasi ini bisa menjadi penawarnya.


Selain untuk menghilangkan penat, kebanyakan pengunjung dari kalangan pelajar melakukan studi banding dan penelitian di lokasi ini.

Selain teduh, areanya juga nyaman dan bersih. Taman Flora Bratang juga dilengkapi area ibadah sehingga lebih memudahkan pengunjung yang ingin berlama-lama di sana.

5. Taman Surya

Taman Surya Surabaya dibangun sejak Balai Kota Surabaya berdiri berlokasi di Jalan Taman Surya No. 1. Kebahagiaan anak-anak yang bermain sangat menarik untuk menjadi latar belakang foto.

Bagaimana tidak, taman ramah anak ini mempunyai area sepatu roda yang khusus dibuat dengan keramik. Adapun fasilitas yang bisa ditemukan di objek wisata ini adalah air mancur utama, pojok air mancur kembar, air mancur menari, parkir meter, dan kursi taman.

6. Taman Barunawati

Taman Barunawati merupakan salah satu taman yang aktif, dalam artian memiliki fasilitas penunjang untuk aktivitas pengunjung.

Selain banyak fasilitasnya, taman tersebut juga mempunyai tatanan yang rapi sehingga cocok menjadi latar belakang foto instagramable.

Tak hanya itu, taman yang berada di kompleks pendidikan ini memiliki area playground untuk anak-anak dan lintasan jalur refleksi kaki yang didesain menyerupai huruf O dengan tatanan mengelilingi pohon warna-warni yang mencerahkan mata.

7. Taman Prestasi

Taman yang berlokasi di Jalan Ketabang ini termasuk taman yang sudah lama ada. Objek wisata ini sudah diresmikan 1995 oleh Nyonya Basofi Sudirman.

Nama “Prestasi” sendiri adalah salah satu bentuk rasa syukur pemerintah daerah di zaman itu karena Surabaya dianugerahi beberapa penghargaan yang menunjukkan prestasi.

Di taman ini, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu untuk berfoto di lokasi ini. Tak hanya itu, adanya spot-spot yang luas sering kali menjadi tempat berkumpul komunitas maupun kelompok belajar untuk berdiskusi.

Untuk foto yang instagramable, banyak spot di Taman Prestasi yang bagus seperti patung-patung, monumen kecil, jembatan dan pagar hidup dari tanaman hijau.

8. Taman Kalongan

Taman yang berlokasi di Jalan Taman Kalongan, Krembangan Selatan, Krembangan, Surabaya ini memiliki air mancur sebagai ikoniknya.

Lebih seru lagi jika kamu mengunjungi tempat ini secara berkelompok agar foto yang dihasilkan pun lebih menarik.

9. Taman Wira Agung

Taman Wira Agung terletak dekat dengan Monumen Wira Agung. Monumen tersebut menggambarkan tentang perjuangan para pahlawan yang gugur dalam medan perang.

Taman ini berlokasi tidak jauh dari Kebun Binatang Wonokromo. Lantaran mudah dijangkau, banyak orang yang menghabiskan waktu untuk berfoto di sana.

Ilustrasi

Selain itu, pencahayaan di Taman Wira Agung juga sangat baik sehingga objek wisata yang satu ini tetap bisa dimanfaatkan untuk foto di siang maupun malam hari.

10. Taman Krembangan Timur

Tahukah kamu, jika Taman Krembangan Timur ini dulunya dimanfaatkan untuk pom bensin. Jika para pengunjung ingin mengabadikan foto di sana, akan banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Salah satunya adalah lokasi Taman Krembangan Timur yang berada di dekat Gedung Perkebunan Nasional XI. Jadi, lebih banyak spot fotografi yang pasti cantik dan instagramable.

Terdapat fasilitas ayunan yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai atau sekadar mencari inspirasi. Lantaran lokasi ini tidak terlalu ramai sehingga suasana yang dihasilkan lebih nyaman dan tentram.

11. Taman Karimun Jawa

Taman yang masih satu area dengan Taman Keputran ini terletak di Jalan Karimun Jawa. Seperti beberapa taman lainnya, lokasi ini berada di dekat sungai atau daerah bantaran.

Ada beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi pengunjung untuk beraktifitas seperti arena jogging dan playground.

Taman yang berada di bantaran Kalimas ini biasa dijadikan objek foto yang menarik sembari menghabiskan waktu dengan panjat dinding.

Arena panjat dinding dengan Taman Karimun Jawa dipisahkan oleh jalan kembar yang juga cocok untuk berfoto. Pada bagian sudut taman pengunjung akan bisa menemui 2 perahu naga yang ditambatkan.

12. Taman Jayengrono

Berada di sekitar pusat perbelanjaan Jembatan Merah Plaza (JMP), Taman Jayengrono menjadi area kesenian yang menarik para wisatawan.

Bagaimana tidak? Di sore hari terdapat banyak seniman yang mempertunjukkan karya.Tak hanya itu, taman ini memang penuh koleksi sejarah seperti bekas-bekas tewasnya Jenderal Inggris Brigjen A.W.S. Mallaby pada 30 Oktober 1945.

Jangan lupa, bila berada di kawasan Taman Jayengrono kunjungi bangunan bambung runcing yang berwarna kuning dengan jumlah 10 buah, 11 buah dan 45 buah, yang mewakili tanggal penting Hari Pahlawan pada 10 November 1945.

13. Taman Ronggolawe

Taman cantik satu ini berlokasi di dekat Terminal Joyoboyo. Nama Ronggolawe sendiri disematkan lantaran patung tokoh Kerajaan Majapahit tersebut yang ada di sekitar taman.

Tokoh Ronggolawe dipilih lantaran sosok tersebut dihubungkan dengan Surabaya yang mempunyai jiwa pahlawan pemberani.

Tak hanya itu, foto di bawah patung kuda akan tampak sangat menarik dan akan lebih baik jika tulisan yang di bawahnya bisa terlihat.

14. Taman Sulawesi

Taman yang berada di bagian tengah jalan ini memang sangat unik dan tatanannya pun cantik.

Di Taman Sulawesi terdapat spot yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto, seperti tanaman-tanaman hias, air mancur, bangku unik serta mainan seperti seluncuran.

Karena posisinya yang strategis maka tidak jarang para pengendara motor berhenti sejenak untuk menyaksikan keindahan Taman Sulawesi atau sekadar mengambil foto.

15. Taman Paliatif

Nama unik Taman Paliatif disematkan untuk menjelaskan tujuan dibangunnya lokasi ini. Paliatif sendiri mempunyai arti perawatan medis yang berkonsentrasi untuk mengurangi tingkat gejala penyakit.

Berbeda dengan taman lainnya, fokus utama taman ini adalah sebagai tempat bagi para penyandang kanker stadium tinggi untuk bertukar cerita.

Taman Paliatif memberikan fasilitas lengkap berupa ruang baca tentang informasi kesehatan (ruang info), rute refleksi kaki, area jogging dan air mancur.

16. Taman Lansia

Sesuai dengan namanya, Taman Lansia memang ditujukan untuk masyarakat lanjut usia. Objek wisata yang terletak di Jalan Kalimantan ini dulunya adalah bekas pom bensin.

Meskipun namanya Taman Lansia, tetapi pengunjung yang masih muda juga boleh datang dan mengambil foto di lokasi ini. Karena diperuntukkan bagi para lansia, maka desain jalan yang dibuat bisa dilalui kursi roda.

17. Taman Teratai

Taman Teratai memiliki kolam yang dipenuhi dengan bunga teratai. Karena keindahannya, lokasi ini sangat cocok dijadikan latar belakang foto yang instagramable.

Objek wisata yang berlokasi di depan SMK Katolik Mater Amabili dan masih satu area dengan Taman Mundu.

Selain dihias dengan kolam teratai, taman ini juga mempunyai rute jogging yang berbentuk lingkaran, lonjong serta kotak dan jika dilihat dari atas memang menyerupai daun teratai.

18. Taman Kombes Pol M. Duryat

Nama Taman Kombes Pol M. Duryat disematkan karena lokasinya yang berada di nama jalan tersebut. Di sana, para pemburu foto unik akan menemukan banyak tanaman hias.

Terdapat pula area playground yang menjadikan taman ini termasuk dalam daftar taman aktif Surabaya. Meskipun bisa dibilang mini dari segi ukuran, tetapi fasilitas taman ini cukup lengkap.

Bahkan, di bagian ujung barat Taman Kombes Pol M. Duryat terdapat lapangan futsal yang tidak dimiliki beberapa taman lainnya.

19. Taman Undaan Kulon

Taman cantik dan unik berikutnya adalah Taman Undaan Kulon. Taman ini mempunyai banyak patung berbentuk buah-buahan.

Taman ini dilengkapi fasilitas taman yang unik dan sangat instagramable, seperti bangku pengunjung, Wifi area, dan playground.

Lokasi yang berdekatan dengan Taman Ekspresi, sehingga bisa melihat taman yang satu dengan lainnya di masing-masing tempat.

20. Taman Pakal

Kegiatan Pedagang Kaki Lima (PKL) Babat Jerawat menjadi hal pertama yang bisa dijadikan objek fotografi di Taman Pakal.

Jika kamu ingin menjelajah olahan kuliner yang dijajakan PKL, maka di tempat inilah cocok bagi kamu untuk menikmati “surga dunia” dengan harga murah meriah.

Taman Pakal ini berlokasi dekat dengan kolam pemancingan yang sangat unik dan bisa dijadikan objek fotografi. Selain kolam, ada juga beberapa sepeda air yang tertambat dan beberapa fasilitas lainnya.

21. Taman Ekspresi

Nama Taman Ekspresi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan jati diri taman ini sebagai galeri seni yang lebih terbuka.

Dengan warna warni di sekitar taman serta pepohonan rindang, area ini memang sangat cocok dijadikan objek fotografi atau bahkan area membuat video klip. Maka tak heran, banyak pelajar yang memanfaatkan tempat ini untuk mengambil tugas video.

Beberapa hal yang menarik di Taman Ekspresi adalah patung instalasi dan pohon persahabatan yang ditanam oleh walikota-walikota ASEAN sebagai wujud persahabatan dengan Surabaya.

22. Taman Persahabatan 2

Berbeda dengan taman yang lain terutama bagi pecinta K-Pop. Pasalnya, di taman ini kebudayaan asal Korea terpampang nyata dari persahabatan Indonesia dengan Korea Selatan.

Pada bagian tengah taman persahabatan terdapat area fotografi yang instagramable. Ada pula monumen dengan tulisan Korea “Pyong Hwa Gi Won Ui Tab”.

23. Taman Keputran

Terletak di antara Pasar Keputran dan Pasar Kayoon, Taman Keputran memiliki keunikan tersendiri. Terdapat lampu-lampu dengan bentuk yang tidak biasa, seperti tiang lampu menyerupai bentuk orang-orangan dengan berbagai gaya.

24. Taman Mundu

Taman satu ini termasuk dalam salah satu taman paling terkenal di Surabaya. Bagaimana tidak? Taman Mundu memiliki air mancur indah yang selalu aktif di malam hari.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan hasil foto indah di taman ini alangkah baiknya meluangkan waktu pada malam hari. Pasalnya, saat malam hari pencahayaannya sangat baik.

Tidak hanya warna-warni air mancur yang menarik, namun sensasi cipratannya juga sangat menyenangkan. Jadi, tak akan rugi jika kamu mengabadikan foto di lokasi ini.

25. Taman Pelangi

Seperti namanya, Taman Pelangi Surabaya menghadirkan pemandangan pelangi dari lampu warna-warni yang eksotis.

Tak hanya itu, taman ini cocok untuk tempat foto. Bagaimana tidak? jika pengunjung melakukan pemotretan pada malam hari maka keindahan taman dan spot disekitarnya akan lebih tampak tajam..

26. Taman Apsari

Siapa yang tak kenal taman satu ini? Taman yang berada di Jalan Pemuda dan berhadapan dengan Gedung Grahadi ini memiliki hawa yang sangat sejuk dan tentunya menentramkan jiwa siapapun yang berkunjung ke sana.

Memiliki lahan yang luas dan dimaksimalkan fungsinya sehingga terdapat beberapa fasilitas untuk berbagai kegiatan warga, seperti jalan-jalan atau bermain skateboard.

Adapun spot terkenal yang tidak boleh terlewatkan di taman ini, yakni spot fotografi berbentuk Monumen Patung Gubernur Suryo dengan prasasti berbentuk pidato beliau di tanggal 9 November 1945 saat berada di Radio NIROM.

27. Taman Bungkul

Siapa yang tak kenal salah satu landmark Surabaya ini? Ya, Taman Bungkul memiliki keindahan dan kerapian desainnya sudah terkenal sampai mancanegara.

Banyak traveler asal negara lain yang ingin mengunjungi lokasi ini karena penasaran dengan tata letaknya.Tak hanya itu, tempat ini juga sangat ramai dan selalu mendapat perhatian tersendiri dari banyak wisatawan sejak pagi hingga malam hari.

Perlu diketahui, nama Taman Bungkul identik dengan Ki Bungkul yang merupakan salah satu tokoh penyebaran Agama Islam di Indonesia. Makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul sendiri terletak di bagian belakang taman ini.

Itulah 27 taman di Surabaya yang wajib kamu kunjungi.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini