Share

7 Kota Terkaya di Indonesia, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 408 2548397 7-kota-terkaya-di-indonesia-apa-saja-wTz6sVTkvC.jpg Jakarta termasuk dalam 7 kota terkaya di Indonesia (Okezone.com/Arif)

SEDIKITNYA ada 7 kota terkaya di Indonesia berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Apa saja?

Indonesia memiliki 98 kota. Namun, ada tujuh kota yang PDRB-nya lebih tinggi di antara yang lain.

 BACA JUGA: 7 Kota Termaju di Indonesia, Nomor 4 Dijuluki Daerah Paling Nyaman

Berikut adalah deretan 7 kota terkaya di Indonesia.

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu yang masih masuk dalam wilayah DKI Jakarta, memiliki PDRB per kapita Rp338,79 juta, yang didapat dari sektor pariwisatanya. Wajar, soalnya wisata laut di sana memang eksotis banget sih.

Kutai Timur, Kalimantan Timur

Wilayah Kutai Timur juga memiliki kekayaan alam yang berlimpah, salah satunya tambang batu bara yang terbesar di Indonesia, yang dikelola PT Bumi Resource Tbk. PDRB Kutai Timur adalah Rp347,76 juta.

 

Mimika, Papua

Mimika, Papua dikenal sebagai penghasil bahan tambang, seperti emas, perak, dan tembaga. PT Freeport adalah perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Kota ini memiliki PDRB senilai Rp396,04 juta.

 BACA JUGA: 7 Kota Terunik di Indonesia, Pelancong Bisa Nikmati Pengalaman Menarik dan Berbeda

Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Kepualauan Anambas merupakan kota penghasil gas dan minyak yang besar. Wilayah baru hasil pemekaran di Kepulauan Riau ini memiliki PDRB per kapita mencapai Rp401,86 juta.

Kediri, Jawa Timur

Kota di Jawa Timur ini menjadi kota terkaya ketiga karena memiliki industri pabrik berskala besar seperti Gudang Garam dengan PDRB per kapita Rp449,23 juta.

 Ilustrasi

Teluk Bintuni, Papua Barat

Kota paling barat di Indonesia ini, menjadi kota terkaya ke 2 di Indonesia. Kota di Papua Barat ini kaya akan hasil tambang dan gas yang berlimpah. PDRB per kapitanya mencapai Rp457,93 juta.

Jakarta, DKI Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia menjadi kota terkaya di Indonesia. Sebagai pusat pusat ekonomi, kota ini memiliki PDRB per kapita sekitar Rp692,24 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini