Share

7 Kota di Indonesia yang Aman dari Gempa dan Tsunami

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 408 2548405 7-kota-di-indonesia-yang-aman-dari-gempa-dan-tsunami-VFKjj8IZkM.jpg Pekanbaru termasuk kota di Indonesia yang aman dari gempa dan tsunami (Okezone.com/Banda)

TUJUH kota di Indonesia tergolong aman dari gempa dan tsunami. Ya, sebagian besar wilayah Indonesia memang terletak di atas jalur patahan lempeng bumi serta berada di tengah-tengah cincin api Pasifik (ring of fire), sehingga sangat rawan akan gempa dan tsunami.

Namun, ternyata tidak semua daerah di Indonesia rawan terkena bencana. Beberapa kota bahkan aman dari tsunami dan gempa.

 BACA JUGA: 7 Kota Terunik di Indonesia, Pelancong Bisa Nikmati Pengalaman Menarik dan Berbeda

Berikut 7 kota di Indonesia yang aman dari gempa dan tsunami.

Makassar

Tidak pernah ada catatan yang menyebutkan bahwa Makassar pernah dilanda gempa bumi. Ahli gempa menyebut hal ini disebabkan oleh lokasinya Kota Makassar yang jauh dari patahan aktif. Beberapa patahan aktif tersebut adalah Palu Koro da sesar normal Majene.

Banjarmasin

Meskipun pernah beberapa kali terkena gempa kecil, kota yang satu ini masih bisa disebut aman dari ancaman gempa. Pasalnya, gempa sangat jarang sekali terjadi di sana.

Hal ini sangat berbeda dengan wilayah di Kalimantan Timur dan Utara yang masih memiliki potensi gempa serta tsunami, meskipun tidak terlalu besar.

Palangka Raya

Kota yang sudah resmi ditunjuk sebagai ibu kota baru Indonesia ini berlokasi sangat strategis karena terletak di jantung Borneo yang merupakan titik tengah Indonesia. Lokasi ini membuat Palangka Raya bebas dari ancaman dari gempa bumi karena tidak ada gunung berapi di sana.

 BACA JUGA: 7 Kota Tercantik di Indonesia yang Digemari Wisatawan

Pontianak

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Pulau Kalimantan adalah salah satu kawasan yang paling aman dari gempa. Pontianak adalah salah satu kota yang jauh dari pertemuan Lempeng Eurasia dan Indo-Australia sehingga bisa dibilang kota ini relatif aman dari gempa bumi.

Meskipun begitu, gempa berkekuatan 4 SR di Singkawang pada 2011 harus dijadikan pengingat bahwa kemungkinan gempa di Kalimantan masih ada, walaupun kecil.

Batam

Memiliki lokasi yang cukup dekat dengan Singapura, Batam bisa dibilang relatif aman dari gempa. Pasalnya di kota ini tidak ada pertemuan lempeng bumi di daerah sana. Selain itu, kemungkinan kota ini terserang oleh tsunami pun cukup kecil.

Pekanbaru

Pekanbaru adalah salah satu kota aman gempa dan tsunami lainnya yang berlokasi di Pulau Sumatera. Berbeda dengan kota-kota lain seperti Banda Aceh, Padang, dan Bengkulu yang memang rawan, Pekanbaru lebih aman dari gempa dan tsunami.

 Ilustrasi

Salah satu faktor yang membuat kota ini aman adalah lokasinya yang jauh dari lempeng bumi. Tidak sepenuhnya aman dari bencana, kota ini sering sekali dilanda kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan tahunan.

Tanjung Pandan

Tanjung Pandang adalah kota utama yang terletak di Pulau Belitung. Belitung sendiri merupakan salah satu daerah yang dikenal sangat aman dari serangan gempa jika dibandingkan dengan daerah lain di sekitarnya.

Hal ini ternyata disebabkan oleh lokasi Belitung yang tidak berada di atas cincin api. Meskipun aman dari bencana gempa, kota ini ternyata berkutat dengan bencana lain, yakni banjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini