Share

Bangkok Bakal Ganti Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon, Ini Faktanya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 406 2548607 bangkok-bakal-ganti-nama-jadi-krung-thep-maha-nakhon-ini-faktanya-BjZeEQAy3W.jpg Ilustrasi Bangkok (dok. Freepik)

IBU Kota Thailand, Bangkok akan memiliki nama resmi Krung Thep Maha Nakhon.

Melansir Bangkok Post, Kantor Royal Society Thailand (ORST) menjelaskan, kabinet pemerintahan telah menyetujui draft pengumuman Kantor Perdana Menteri soal pembaruan nama negara, wilayah, zona administratif dan ibu kota seperti yang diajukan ORST.

Nama resmi baru, Krung Thep Maha Nakhon, belum akan berlaku efektif hingga diperiksa oleh komisi yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang (RUU) yang diajukan.

Kabinet juga meminta panel untuk mempertimbangkan observasi tambahan dari Kementerian Luar Negeri.

infografis

Pengumuman yang disetujui oleh rapat mingguan kabinet pada Selasa (15/2) itu, menyatakan komisi ORST untuk kamus nama geografis internasional -- terdiri atas para pakar dari Kementerian Luar Negeri -- telah memperbarui ejaan nama negara, wilayah, zona administratif dan ibu kota menjadi sejalan dengan situasi terkini.

Panel itu kemudian menyerahkan daftarnya kepada Kantor Perdana Menteri untuk merilis pengumuman.

Draf pengumuman itu juga mencabut pengumuman Kantor Perdana Menteri soal nama negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota tertanggal 9 November 2001, menggunakan pengumuman ORST soal pembaruan nama-nama pada 1 September 2021.

Dalam pengumuman ORST, Krung Thep Maha Nakhon akan menjadi nama resmi bagi ibu kota Kerajaan Thailand. Namun demikian, nama Bangkok akan tetap dimasukkan dengan ditempatkan dalam tanda kurung.

Pengumuman yang sama juga memperbarui ejaan resmi untuk negara-negara lainnya, termasuk Rome dan Roma untuk ibu kota Italia, perubahan nama ibu kota Myanmar dari Yangon menjadi Nay Pyi Taw, dan perubahan nama Kerajaan Nepal menjadi Republik Demokratik Federal Nepal.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini