Share

Tips dari Pramugari, Ini Hal Terpenting Dilakukan saat Boarding Pesawat!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 406 2548914 tips-dari-pramugari-ini-hal-terpenting-dilakukan-saat-boarding-pesawat-OlyyE0D7qt.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BAGI sebagian besar pelancong, naik pesawat harus melalui serangkaian hal untuk membantunya menyesuaikan diri dengan penerbangan.

Misalnya memastikan memiliki headphone dan buku di mana Anda dapat menjangkau mereka atau film pilihan di layar sandaran kursi, ada banyak yang harus dilakukan bahkan sebelum Anda lepas landas.

Tetapi pada saat Anda naik pesawat, ada satu hal khusus yang harus Anda lakukan segera ketika duduk. Pramugari memperingatkan Anda harus membersihkan meja nampan Anda segera setelah Anda naik pesawat.

 BACA JUGA: Potret Cantik Pramugari Worada, Senyumnya Meneduhkan Jiwa Bikin Kangen

Segera setelah Anda menyimpan barang bawaan Anda dan memasang sabuk pengaman di kursi, Anda mungkin tergoda untuk langsung membaca atau tidur siang. Tetapi menurut pramugari, Anda harus memulai penerbangan dengan membersihkan meja nampan di depan Anda sesegera mungkin.

"Maskapai penerbangan saya membagikan sedikit tisu alkohol selama penerbangan karena suatu alasan," Arina Bloom, seorang penerbangan yang bekerja di industri ini selama dua tahun sebagaimana dilansir dari Best Life Online, Jumat (18/2/2022).

 Ilustrasi

Pesawat (Okezone)

"Cukup bersihkan baki dengan cepat saat Anda duduk," paparnya.

Studi telah menemukan meja nampan bisa penuh dengan kuman dan bakteri

Selain risiko terbang selama era COVID-19, pramugari memperingatkan bahwa ada banyak alasan lain yang membuat Anda jijik dengan meja Anda.

 BACA JUGA: Benarkah Pramugari Makan Makanan Sisa di Pesawat? Simak 4 Fakta Unik Awak Kabin

"Anda mungkin berpikir bahwa orang hanya meletakkan minuman di nampan sandaran kursi, tetapi orang sebelum Anda bisa tidur di atasnya atau menggunakannya untuk mengganti popok bayi," Bloom memperingatkan.

Linda Ferguson, seorang pramugari dengan pengalaman 24 tahun, mengatakan kepada Reader's Digest: "Saya telah melihat orang-orang meletakkan kaki telanjang mereka di atas meja nampan."

 

Sayangnya, anekdot tempat kerja yang mengganggu ini juga didukung oleh penelitian. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh situs web perencanaan perjalanan Travelmath mengambil sampel dari permukaan pada empat penerbangan yang dioperasikan oleh dua maskapai besar dan lima bandara di seluruh AS.

Hasil menunjukkan bahwa meja baki sandaran kursi jauh lebih kotor dengan rata-rata 2.155 unit pembentuk koloni (CFU) per inci persegi.

"Karena ini dapat memberikan bakteri penularan langsung ke mulut Anda, kesimpulan yang jelas dari ini adalah untuk menghilangkan kontak langsung makanan Anda dengan meja nampan," kata Travelmath tentang temuan tersebut.

Kru biasanya tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan semua permukaan benda di antara penerbangan

Tentu saja, penelitian ini juga menemukan area lain di pesawat yang sarat dengan bakteri. Ventilasi overhead dan gesper sabuk pengaman masing-masing memiliki 285 CFU dan 230 CFU per inci persegi.

Travelmath mengatakan temuan itu juga menunjukkan area mana yang paling mungkin difokuskan oleh kru untuk dibersihkan dan disanitasi dalam waktu yang terkadang singkat di antara penerbangan, termasuk kamar mandi.

 Ilustrasi

Pengambilan sampel menemukan bahwa tombol flush toilet memiliki 265 CFU per inci persegi, atau hampir delapan kali lebih sedikit daripada yang ditemukan di meja baki sandaran kursi.

Karena itu, Ferguson mengatakan tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan kebersihan Anda sendiri terutama karena jenis penerbangan yang Anda ambil dapat memberikan petunjuk seberapa kotor kabinnya.

"Jika Anda terbang jarak pendek, pastikan membawa tisu antibakteri atau pembersih," kata seorang pramugari di Reddit, menurut The Sun.

"Banyak maskapai penerbangan akan meminta kru 'membalikkan' pesawat, yang berarti mereka mengambil sampah Anda, melipat sabuk pengaman Anda, menyimpan majalah Anda di saku kursi, dan kemudian menyambut penumpang baru," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini