Share

Kirab Boyong Kedhaton Keraton Surakarta Digelar, 100 Peserta Turut Serta

Antara, Jurnalis · Sabtu 19 Februari 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 406 2549256 kirab-boyong-kedhaton-keraton-surakarta-digelar-100-peserta-turut-serta-vFM54RQVMa.jpg Kirab Boyong Kedhaton (dok ANTARA)

SEKITAR 100 orang terlibat dalam Kirab Boyong Kedhaton Keraton Surakarta yang diselenggarakan di Halaman Balai Kota Surakarta.

Pergelaran yang dimulai sekitar pukul 15.30 WIB, Kamis 17 Februari 2022 tersebut diawali dengan kirab dari Benteng Vastenburg menuju Halaman Balai Kota Surakarta.

Selanjutnya, para peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok menampilkan berbagai tarian yang menceritakan tentang proses perpindahan tersebut.

Selain itu, ada pula prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat lengkap dengan senjata mengikuti kirab. Selanjutnya, ada sembilan wanita yang masing-masing membawa tampah berisi berbagai jenis bubur.

infografis

Menurut kisah, ada sebanyak 21 jenis bubur yang mengiringi perpindahan keraton pada masa lampau.

Bubur-bubur ini memiliki filosofi masing-masing yang menceritakan tentang perjalanan hidup manusia.

Selanjutnya, bubur dibagikan kepada para pejabat yang hadir pada acara. Untuk penampilan kirab sendiri berlangsung selama satu jam dan diselenggarakan secara sederhana.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Terkait kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa berharap meski kondisi saat ini masih di tengah pandemi COVID-19 kegiatan tersebut dapat meningkatkan sektor pariwisata di Kota Solo.

"Jadi yang sudah dirancang tetap kami lakukan dalam rangka hari jadi Kota Solo, perpindahan dari Keraton Kartasura ke Keraton Surakarta ini kan sejarah. Sependek apapun (durasi penampilan) tetap kami lakukan," katanya.

Ia berharap jika situasi sudah lepas dari pandemi COVID-19 agenda kirab tersebut bisa mendatangkan banyak wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara.

"Harapannya ke depan mungkin kalau kita sudah tidak pandemi, ini bisa jadi agenda pariwisata Solo. Ke depan kami rancang sedemikian rupa agar didatangi wisatawan asing juga," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini