Share

Mengenal Babiya, Buaya yang Tak Doyan Makan Daging

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 406 2549613 mengenal-babiya-buaya-yang-tak-doyan-makan-daging-fxGU902N2W.JPG Buaya Babiya dicium seorang pria di India (Ananthapura Lake Temple/Times of India)

INDIA merupakan negara yang unik dari segi budaya, keindahan alam, maupun penduduknya. Seperti di daerah terpencil di India yang bernama Kerala, terdapat seekor buaya yang tidak makan daging alias vegetarian! Sulit membayangkannya bukan? Padahal, buaya dikenal sebagai hewan karnivora yang ganas.

Tapi, Babiya, buaya penjaga yang tinggal di danau dari tempat suci di Kerala, adalah pepatah teratai yang tumbuh di air keruh! Pertama-tama, Babiya adalah penjaga Kuil Danau Ananthapura yang berdiri di desa senama di Distrik Kasaragod, Kerala.

 BACA JUGA: Setelah 6 Tahun, Ban Motor yang Mencekik Leher Buaya di Palu Akhirnya Berhasil Dilepas

Menurut legenda setempat, Babiya hanya memakan prasad kuil yang dipersembahkan setiap hari setelah pemujaan dewa pada siang hari. Prasad vegetarian terdiri dari nasi matang dan gula merah, dan diberikan kepada buaya yang ramah oleh para penyembah tanpa rasa takut, dengan tangan mereka.

 

Mengutip dari Times of India, sebuah kisah indah yang terkait dengan Dewa Krishna dan salah satu pengikut setianya menyoroti tujuan keberadaan Babiya.

Ketika Sri Vilvamangalathu Swami terlibat dalam meditasi mendalam untuk memenangkan hati dewa pelindungnya, Sri Wisnu, Dewa Krishna muncul sebagai anak muda dan mulai bermain pranks untuk menguji penyembahnya.

 BACA JUGA: Sengitnya Pertarungan Jaguar dan Buaya yang Jadi Korbannya, Mengerikan!

Terganggu oleh kenakalan si kecil, Vilvamangalahu Swami menepisnya. Pada saat orang bijak itu menyadari kesalahannya, anak laki-laki-Krishna telah menghilang ke dalam gua di dekatnya. Celah di mana Krishna menghilang terletak di suatu tempat di dalam kuil. Dan, buaya Babiya adalah wali yang ditunjuk untuk menjaga pintu masuk misterius tersebut.

Legenda lain mengatakan bahwa sekitar 70 tahun yang lalu, seorang tentara Inggris membunuh buaya yang sedang berjaga di Kuil Danau Ananthapura. Anehnya, tentara itu meninggal karena gigitan ular beberapa waktu kemudian, yang menurut penduduk setempat, disebabkan oleh kemarahan dewa ular Anantha atas kejahatannya yang keji.

Segera setelah itu, buaya lain muncul di danau untuk menggantikan mantan penjaga, dan setiap kali satu mati, satu lagi muncul di tempatnya! Begitulah legenda kuil di Danau Ananthapura dan penjaga reptil berpatroli yang luar biasa.

 Ilustrasi

Pastikan keberuntungan menghampiri Anda jika Anda kebetulan melihat Babiya berenang di perairan danau. Nah, lain kali Anda merencanakan perjalanan ke Kerala, ada satu misteri yang mungkin bisa membuat Anda merasa seperti Agatha Christie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini