Share

10 Kota di Indonesia dengan Polusi Udara Terburuk, Jakarta Nomor Berapa?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 408 2549537 10-kota-di-indonesia-dengan-polusi-udara-terburuk-jakarta-nomor-berapa-O9npmt3vTv.jpg Jakarta termasuk kota dengan polusi udara terburuk di Indonesia (Okezone.com/Dede)

KAWASAN industri, kebakaran hutan, dan jumlah kendaraan bermotor memang menjadi penyumbang polusi di Indonesia. Selain itu, pembakaran sampah rumah tangga yang dilakukan secara terbuka juga ikut menyumbang polusi. Sebenarnya, tingkat polusi udara di Indonesia memang sudah masuk ke tahap yang mengkhawatirkan.

Pada 2019, sebuah situs layanan informasi mengenai kualitas udara di kota-kota di dunia Air Visual mulai dikenal publik. Media online biasa mulai mengutip data mengenai polusi udara kota-kota besar di dunia, kawasan mana saja yang termasuk kota berpolusi.


Dirangkum MNC Portal Indonesia dari beberapa sumber, Jumat (18/2/2022), berikut adalah 10 kota di Indonesia dengan polusi udara terburuk.

10. Denpasar

Ibu kota Bali ini menutup daftar sepuluh besar dengan poin 22 dan juga berada di dalam kategori kuning. Secara rerata, kualitas udara di Denpasar memang menunjukkan kondisi pencemaran sedang sepanjang tahun.

 

9. Badung

Kota di Bali ini juga masuk ke dalam daftar dan berada di posisi sembilan dengan angka 24,4 dan masuk kategori kuning. Adapun beberapa pihak berpendapat kalau buruknya kualitas udara di Bali efek dari pariwisata.

8. Ubud

Destinasi wisata di Bali ini ternyata bisa ada di peringkat delapan dengan angka 27,9 dan masuk kategori kuning. Secara rata-rata, kota yang berada di pegunungan ini malah memiliki kualitas udara sedang, maklum pariwisata ternyata punya dampak polusi juga.

 Ilustrasi

Ubud, Bali

7. Surabaya

Ibu kota Surabaya ini berada di posisi tujuh dengan poin 40,6, serta masih masuk ke dalam kategori oranye. Sebagai kota industri dan kawasan metropolitan yang besar, polusi dari pabrik dan kendaraan bermotor menjadi penyumbang kualitas udara yang buruk.

 BACA JUGA: 7 Kota Tercantik di Indonesia yang Digemari Wisatawan

6. Talawi

Untuk informasi, Talawi di Sawahlunto, Sumatera Barat dan merupakan kota pertambangan, berada di posisi enam dengan poin 42,7, masuk kategori oranye. Pencemaran udara menyumbang kualitas udara di kota ini menjadi buruk terutama pada bulan tertentu.

5. Jakarta

 

Ibu kota negara ini malah berada di posisi lima dengan angka 49,7, mungkin ini mengagetkan atau malah tidak. Secara rata-rata, udara di Jakarta menunjukkan kualitas merah, oranye, dan kuning, yang tentunya tidak sehat.

 Ilustrasi

Kota Jakarta (Okezone.com/Heru)

4. Pontianak

Ibu kota Kalimantan Barat ini berada di posisi keempat dengan angka 49,7 dan masih masuk kategori oranye. Meskipun sempat terkena asap kebakaran hutan, namun Pontianak masih masuk kategori merah dan kuning. Malah, Pontianak sempat memiliki kualitas udara yang baik pada Maret 2019 dengan kategori hijau (baik).

3. Pekanbaru

 

Ibu kota Riau ini berada di peringkat ketiga dengan angka 52,8 dan masuk kategori oranye secara keseluruhan. Pada September 2019, udara di Pekanbaru malah masuk kategori ungu alias berbahaya ketika terjadi kebakaran hutan. Namun, secara rata-rata kota ini malah masuk kategori oranye dan juga kuning (sedang) sepanjang tahun.

2. Bekasi

Kota industri di Jawa Barat ini ternyata berada di posisi kedua dengan angka 62,6 dan masih masuk kategori merah.

Ilustrasi

Secara rerata, udara di Bekasi memang selalu menunjukkan kualitas yang tidak sehat sepanjang tahun.

1. Tangerang Selatan

Kota di Banten ini menempati peringkat satu dengan angka rata 81,3 ug/m3 atau mikrogram per meter kubik. Berdasarkan tingkat polusi sudah masuk warna merah (udara tidak sehat), secara rata-rata Tangerang Selatan memang memiliki udara tidak sehat sepanjang tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini