Share

Daftar 5 Kota Paling Tidak Aman untuk Solo Traveling, Jakarta Masuk Daftar

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 408 2549719 daftar-5-kota-paling-tidak-aman-untuk-solo-traveling-jakarta-masuk-daftar-bCvvPvjUQP.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

BAGI Anda yang gemar melakukan solo traveling atau bepergian seorang diri salah satu hal yang perlu diperhatikan ialah memastikan tingkat keamanan wilayah tujuan.

Terutama bagi wanita, ini merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan. Ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu suatu daerah tersebut sebelum mengunjunginya sendirian.

Baru-baru ini, studi yang dilakukan oleh Insure My Trip, sebuah perusahaan asuransi perjalanan yang berbasis di Inggris melakukan survey antara kota yang aman untuk dilakukan oleh solo traveling, hingga yang tidak aman. Uniknya, Jakarta masuk peringkat sebagai kota tidak aman untuk dikunjungi solo traveling.

Dikutip dari laman Khaleej Times, berikut daftar 5 kota sangat tidak aman untuk Anda yang ingin solo traveling.

5. Paris, Prancis

Anehnya, Paris, kota cinta, juga berada di peringkat lima terbawah dengan skor 3,78/10 karena kekhawatiran kejahatan jalanan dan turis solo dianggap sasaran empuk pencopet profesional.

Infografis Traveling Aman

Bagi wanita yang bepergian sendiri, disarankan agar barang-barang berharga dijauhkan dari pandangan dan menyulitkan orang lain untuk mengaksesnya. Rekomendasi tambahan termasuk tetap berpegang pada jalan-jalan sibuk yang terang benderang dan hindari naik kereta bawah tanah larut malam sendirian.

4. Jakarta, Indonesia

Jakarta berada di peringkat keempat dengan skor 3.47/10 pada survei ini. Tidak dijelaskan mengapa Jakarta menjadi kota yang tidak aman dikunjungi oleh para solo traveler. Tapi, berdasarkan kasus yang terjadi, tidak aman berjalan sendirian di malam hari terlebih menggunakan sepeda motor karena rawan begal.

3. New Delhi, India

New Delhi mendapatkan skor 3.39/10 yang menempati posisi ketiga sebagai kota yang tidak aman untuk solo traveler. Rupanya New Delhi sangat rawan dengan tindak kejahatan terutama terhadap turis asing. Banyak pelecehan seksual yang terjadi di sana terutama untuk turis dari Amerika, Jepang, Jerman, dan Denmark.

2. Kuala Lumpur, Malaysia

Kuala Lumpur Malaysia berada di posisi kedua sebagai kota paling tidak aman untuk dikunjungi turis solo terlebih wanita. Walaupun tidak diungkapkan alasannya, tetapi Kuala Lumpur mendapatkan skor yang rendah yakni 2.98/10 yang menjadikannya berada di peringkat kedua.

1. Johannesburg, Afrika Selatan

Afrika mendapatkan peringkat terendah alias 0/10 dalam survey ini yang menunjukkan bahwa kota ini sangat tidak aman untuk dikunjungi solo traveling. Ini karena tingkat kejahatan yang tinggi yang terjadi di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini