Share

7 Semburan Lumpur yang Pernah Ada di Indonesia, Nomor 6 Jadi Perdebatan Ahli Geologi Dunia

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 408 2549761 7-semburan-lumpur-yang-pernah-ada-di-indonesia-nomor-6-jadi-perdebatan-ahli-geologi-dunia-FIcfQNqSR1.JPG Lokasi semburan lumpur Lapindo di Desa Porong, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Instagram/@aiutari)

FENOMENA semburan lumpur bukanlah hal asing di Tanah Air. Sedikitnya ada tujuh semburan lumpur yang pernah ada di Indonesia.

Sejumlah video dramatis yang menunjukkan detik-detik lumpur menyembur dari dalam tanah kerap memicu kekhawatiran masyarakat. Salah satu semburan lumpur yang sempat viral di media sosial terjadi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Berikut 7 daerah di Indonesia yang pernah heboh dengan fenomena semburan lumpur.

1. Aceh Utara

Masyarakat Aceh Utara, tepatnya di Desa Tanjong Meunye, Kecamatan Tanah Jambo Aye, pada Rabu 23 Januari 2019 digemparkan dengan fenomena semburan lumpur bercampur gas. Semburan itu berasal dari salah satu sumur warga yang siap digali. Dilaporkan ada 10 keluarga yang terdampak oleh seburan lumpur setinggi 15 meter itu.

2. Musi Banyuasin Sumatera Selatan

Semburan lumpur setinggi 30 meter memicu kepanikan warga Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Jumat, 19 Juli 2019.

Semburan lumpur tersebut diduga berasal dari aktivitas ilegal drilling oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Pihak SKK Migas dann KKKS terdekat kemudian melakukan penutupan semburan.

Infografis Kota Terbaik di Eropa

3. Desa Kesongo, Blora

Sebanyak 4 orang keracunan dan 19 ekor kerbau warga tenggelam akibat semburan lumpur yang terjadi di Desa Kesongo Blora pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Disebut sebagai fenomena mud volcano, semburan lumpur ini pernah terjadi pada tahun 2013 di lokasi yang sama. Ledakan semburan menyebabkan getaran hebat sampai radius satu kilometer.

4. Aceh Timur

Kembali ke Aceh, kali ini semburan lumpur terjadi di Desa Seunebok Lapang, Paeureulak Timur, Aceh Timur pada Rabu, 31 Juli 2019.

Semburan lumpur bercampur gas itu mencapai ketinggian 7 meter. Gas dan lumpur berasal dari sumur minyak bekas PT Asamera, perusahaan yang pernah beroperasi di kawasan itu puluhan tahun lalu, kata camat setempat.

Ia menambahkan, ulah warga yang mengebor bekas sumur dengan alat tradisional menyebabkan semburan itu terjadi.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Karanganyar, Purwodadi

Pengeboran dengan kedalaman 60 meter memicu semburan lumpur di Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Masyarakat setempat menjadi heboh, ketika melihat lumpur menyebur setinggi 30 meter pada Sabtu 29 Februari 2020. Semburan itu keluar dari lubang pengeboran sumur yang ditujukan untuk mengatasi kebutuhan air di sebuah yayasan yatim piatu.

6. Desa Porong, Sidoarjo

Lumpur lapindo, yang terjadi di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, menghebohkan masyarakat Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Lumpur lapindo menyebabkan 19 desa di Kecamatan Porong terkubur dan 39.700 jiwa diungsikan.

Infografis Kota Ramah Anjing

Banjir lumpur panas pertama kali muncul pada 29 Mei 2006. Semburan tersebut bahkan masih terjadi hingga bertahun-tahun lamanya. Namun belum diketahui secara pasti penyebab semburan lumpur tersebut, sebab masih menjadi perdebatan ahli geologi dunia.

Beberapa kelompok berpendapat, fenomena ini adalah akibat dari aktivitas pengeboran gas oleh Lapindo Brantas Inc yang melakukan kesalahan teknis eksplorasi gas.

Sementara beberapa ahli mengatakan, lumpur lapindo merupakan bencana alam yang dipengaruhi gempa berkekuatan 6,2 SR. Gempa itu sempat terjadi 2 hari sebelumnya di Bantul.

7. Bledug Kuwu, Grobogan

Ledakan-ledakan lumpur berselimut asap putih dari dalam tanah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Disebut 'Bledug Kuwu', fenomena semburan lumpur ini menjadi salah satu tujuan wisata unik di Purwodadi.

Lumpur itu terus menerus muncul secara periodik. Masyarakat setempat percaya, Bledug Kuwu berkaitan erat dengan legenda Aji Saka. (PUT)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini