Share

Pentingnya Check Out Setelah Menginap di Hotel, Jangan Sampai Lupa

Ahmad Haidir, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 406 2550494 pentingnya-check-out-setelah-menginap-di-hotel-jangan-sampai-lupa-BiNWpk9Cyb.jpg Ilustrasi hotel (freepik)

KETIKA menginap di hotel, setiap pengunjung diharuskan untuk check-in agar bisa memasuki kamar. Lalu setelah seseorang menghabiskan masa inap nya, dikenal istilah check-out.

Untuk check-in, anda mungkin tidak akan lupa karena sudah barang tentu anda perlu melakukannya sebelum menginap.

Namun ketika check-out, beberapa orang mungkin kelupaan untuk melalukan prosedur tersebut karena berbagai alasan dan faktor hingga pergi begitu saja dari hotel.

Meskipun jarang terjadi, tetapi pastikan anda tidak sampai mengalami kelupaan check-out karena hal itu penting sekali untuk kenyamanan diri sendiri pun pihak hotel. 

 infografis

1. Cegah Pembayaran Tagihan Lebih Banyak

Karena Anda telah memberikan informasi pribadi penting seperti KTP atau mungkin kartu kredit sebelum check-in, secara teknis seorang pengunjung memang dapat keluar begitu saja dan hotel tinggal memasukkan semua tagihan akhir ke Anda.

Dan justru itulah masalahnya : Jika Anda tidak melakukan check-out, Anda tidak akan tahu berapa keseluruhan biaya yang harus anda siapkan, yang ada malah pembayaran tagihan menjadi lebih banyak sementara anda tidak akan memiliki kesempatan untuk membantahnya.

Saat seorang pengunjung check-out dari hotel, otomatis Anda mendapat kesempatan untuk meninjau detail pembayaran satu per satu dan memastikan semuanya terlihat akurat.

"Memeriksa itu penting. Karena ada beberapa kali di mana saya ditagih dengan jumlah yang salah”, ujar Brandon Berkson selaku pakar hotel dan pendiri layanan perencanaan perjalanan HAP Concierge, dikutip dari Best Life Online.

 2. Kemungkinan Membayar Tagihan Lebih Murah!


Selain itu, kesempatan tersebut juga bisa anda gunakan untuk menegosiasikan tagihan dalam keadaan tertentu. Katakanlah Anda tidak merasa ruangan itu seperti yang diiklankan, atau layanannya jauh di bawah ekspektasi yang masuk akal.

Negosiasi tersebut tentu menjadi kesempatan Anda untuk menanyakan apakah mereka akan memberikan ‘ganti rugi’ kepada anda dengan potongan harga, sehingga membuat tagihan menjadi lebih murah.

Tambahan tips profesional lainnya : Check out dari hotel internasional memungkinkan Anda untuk meminta tagihan dalam mata uang lokal, yang pada akhirnya mungkin akan menjadi kesepakatan yang jauh lebih menguntungkan untuk Anda karena membayar lebih murah dibandingkan dengan membayar tagihan asing yang diterbitkan dalam dolar AS.

3. Check Out Juga Membantu Hotel Lho

Selain soal keuntungan anda sebagai konsumen, check out dari hotel akan membantu pihak penyedia jasa untuk menjalankan bisnisnya secara efisien. Hal itu karena ketika anda belum check-out, para housekeeping tidak akan bersegera membersihkan kamar. Tentu saja ketika itu terjadi, sedikit banyak akan membuat kerugian di pihak hotel.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini