Share

5 Julukan Indonesia Paling Terkenal di Mata Dunia, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 406 2550736 5-julukan-indonesia-paling-terkenal-di-mata-dunia-apa-saja-V5ycdr0fiA.jpg Piaynemo di Raja Ampat, Papua (Foto by Indonesia Travel)

INDONESIA dianugerahi keanekaragaman hayati dari ujung timur sampai ujung barat. Selain itu, Indonesia juga dikenal memiliki kekayaan budaya serta peninggalan sejarah yang menakjubkan.

Tak heran, banyak wisatawan mancanegara dan lembaga penelitian dunia memberikan julukan kepada Indonesia karena keunikannya ini.

 BACA JUGA: Bali Ingin Hapus Karantina Bagi Wisatawan Mulai Maret

Mengutip kanal Youtube Angka dan Data, dari sekian banyak julukan yang ada, inilah 5 julukan Indonesia yang paling terkenal di mata dunia.

Negara Maritim

Indonesia memiliki luas wilayah perairan sekitar 3.257.483 km. Luas perairan Indonesia ini lebih luas dari total daratan Indonesia sehingga tak heran jika Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim, karena wilayah lautnya yang begitu potensial dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

 

Negara Agraris

Tak hanya laut yang luas, Indonesia juga mempunyai tanah yang subur untuk lahan pertanian. Inilah salah satu alasan mengapa mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani sehingga Indonesia dijuluki sebagai negara agraris.

 BACA JUGA: Pesona Danau Situwangi Ciamis Kian Menarik Perhatian Wisatawan

Negeri Seribu Candi

Indonesia juga memperoleh julukan sebagai negeri seribu candi. Salah satunya, karena selain terdapat banyak candi peninggalan di Indonesia juga terdapat Candi Borobudur, candi yang pernah menjadi satu diantara 7 keajaiban dunia. Hal inilah yang membuat dunia juga menjuluki Indonesia sebagai negeri seribu candi.

Negeri Seribu Pulau

Wilayah kedaulatan Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dengan 5 pulau besar utama yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dengan jumlah pulau sebanyak ini, maka tak heran jika Indonesia mendapat julukan sebagai negeri seribu pulau.

 Ilustrasi

Paru-paru Dunia

Indonesia juga dijuluki sebagai paru-paru dunia. Julukan tersebut disematkan karena Indonesia memiliki hutan tropis yang lebat dan luas, bahkan menjadi yang terluas di dunia.

Hutan tropis ini pun menjadi sumber oksigen dan salah satu pulau penyumbang hutan hujan tropis yang lebat dan luas terbanyak di Indonesia yaitu Pulau Kalimantan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini