Share

Beruang Raksasa Berbobot 225 Kg Dobrak 38 Rumah Warga Bikin Onar Tebar Ketakutan

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 406 2551009 beruang-raksasa-berbobot-225-kg-dobrak-38-rumah-warga-bikin-onar-tebar-ketakutan-okynz5wUdP.JPG Beruang hitam tebar teror dobrak 38 pintu rumah warga (Foto: Bear League)

SEEKOR beruang hitam besar telah mendobrak setidaknya 38 rumah warga dalam beberapa bulan terakhir, membuat penduduk setempat terpecah tentang apakah harus dibunuh atau tidak.

Melansir Newscomau, otoritas satwa liar California, AS menghadapi reaksi keras dari penduduk Lake Tahoe atas kampanye mereka untuk menangkap dan menidurkan beruang hitam seberat 225 kilogram bernama Hank the Tank yang membuat kekacauan di daerah tersebut.

“Seekor beruang ini telah dikaitkan dengan kerusakan di 38 rumah yang berbeda setidaknya,” ujar Peter Tira, mewakili Departemen Ikan dan Margasatwa California.

Menurut otoritas satwa liar, beruang besar sejak dijuluki 'Hank the Tank', dilaporkan telah menjadi sumber lebih dari 150 panggilan antara penegak hukum dan personel satwa liar baru-baru ini.

Mereka melaporkan meskipun ada upaya untuk mencegahnya, beruang besar itu menyebabkan kerusakan properti yang banyak dan dengan paksa memasuki beberapa rumah, termasuk rumah yang ditempati.

Tira mengatakan, beruang itu telah mengembangkan kegemarannya terhadap pizza dan tidak terhalang upaya polisi setempat untuk menakut-nakutinya dengan paintball dan sirene.

Beruang Hitam Teror Warga
(Foto: Bear League)

“Lebih mudah mencari sisa pizza daripada pergi ke hutan,” kata Tira.

"Ini adalah beruang yang telah kehilangan semua rasa takut terhadap orang-orang. Dan situasi yang berpotensi berbahaya," tambahnya.

Untuk mengurangi pemusnahan Yogi, CDFW telah menyiapkan jebakan untuk menangkap binatang buas itu, tetapi tidak berhasil.

“Aktivitas menjebak adalah langkah terakhir untuk menangkap dan menidurkan spesies tertentu dan apa yang kami sebut beruang hitam yang sangat terhabituasi atau makanan manusia,” ujar Tira.

Namun, perburuan beruang memicu protes dari warga, yang mencoba menyabotase mereka dengan mencoba menakut-nakuti beruang, memainkan musik keras, dan bahkan melukis 'Pembunuh Beruang' pada perangkap pemerintah.

Sementara itu, kelompok aktivis beruang BEAR League telah berkoordinasi dengan CDFW untuk mengangkut Yogi ke tempat yang aman.

"BEAR League menghubungi direktur suaka margasatwa luar negeri yang baik yang setuju bahwa dia memiliki ruang dan akan sangat bersedia memberikan beruang ini rumah permanen. Kami memberi tahu Departemen Ikan dan Margasatwa California pada Selasa pagi meminta agar opsi ini dipertimbangkan secara serius daripada membunuh beruang itu," ujar direktur eksekutif Ann Bryant.

"Mereka segera menanggapi kami dengan menyatakan bahwa mereka akan berkoordinasi secara internal dan menghubungi kami kembali," sambungnya.

Namun, Bryant tidak melihat suaka sebagai solusi permanen, dan malah mendesak warga Tahoe Keys untuk mempraktikkan tindakan pencegahan seperti mengamankan sampah, dan menjauhkan sampah dari mobil.

Infografis Pulau Bernama Hewan

“Pemilik rumah dan pengunjung perlu melakukan bagian mereka untuk menjauhkan beruang dari masalah sehingga mereka dapat hidup liar dan bebas,” katanya.

“Berbagai alasan mengapa beruang mendapat masalah adalah karena orang melakukan ini dan mereka mengajari beruang itu cara yang baik untuk mencari nafkah. Ia tidak menjadi gemuk seperti itu dengan makan buah beri dan lundi," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini