Share

Lantik Pejabat Poltekpar NHI Bandung, Sandiaga Tekankan Pentingnya Inovasi Pariwisata

Antara, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 406 2551029 lantik-pejabat-poltekpar-nhi-bandung-sandiaga-tekankan-pentingnya-inovasi-pariwisata-XREWu3uXzu.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno lantik pejabat Poltekpar NHI Bandung (Foto: Antara)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, politeknik pariwisata (poltekpar) harus lebih meningkatkan inovasi karena tantangan tren dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sangat dinamis.

“Inovasi berbasis riset unggulan yang dihasilkan oleh poltekpar sangat diperlukan. Inovasi mengacu best practices pelatihan di bidang kepariwisataan maupun inovasi kurikulum berbasis kewirausahaan sangat strategis dan penting untuk dihadirkan,” katanya saat melantik pejabat Poltekpar NHI Bandung.

Politeknik lanjutnya, dianggap patut mampu menghadirkan engagement (keterhubungan) dan linkage (keterikatan) dengan para pemangku kepentingan.

Sandiaga menambahkan, banyak yang mengatakan bahwa permasalahan dari sistem pendidikan di Indonesia adalah kurangnya link and match (sinergi antara pendidikan vokasi dengan dunia industri).

Infografis Desa Wisata

Sehingga diharapkan keberadaan enam perguruan tinggi negeri pariwisata di seluruh Indonesia memiliki keterhubungan dan keterikatan.

Alhasil, eksistensi ke-6 poltekpar tersebut dapat memberikan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat luas karena mampu menghadirkan berbagai inovasi bermanfaat, membangun kolaborasi, dan bersinergi.

Pada kesempatan itu, Sandi menyampaikan ucapan selamat kepada Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang telah berubah status kelembagaan menjadi Poltekpar NHI Bandung sebagaimana lima poltekpar lainnya.

Perubahan status kelembagaan pendidikan bidang vokasi menjadi politeknik disebut menjadi salah satu amanat undang-undang pendidikan tinggi yang wajib diikuti.

“Tentu saja menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi berupa politeknik memiliki banyak keunggulan, karena ilmu yang dipelajari bersifat spesifik di bidang pariwisata. Lulusannya langsung siap pakai di dunia kerja,” tuturnya.

Kesiapan para lulusan poltekpar masuk ke dunia kerja disebabkan mereka telah melalui program magang secara langsung di pelbagai industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Secara khusus, mantan Wagub DKI Jakarta itu menyampaikan pesan kepada Direktur Politeknik pariwisata NHI Bandung, Andar Danova L. Goeltom yang baru dilantik agar dapat mengembangkan sumber daya manusia parekraf sehingga memiliki pola berpikir kreatif dan mandiri hingga akhirnya mampu menciptakan lapangan kerja.

“Sebagai direktur, anda harus bisa mengangkat Poltekpar NHI Bandung bertugas menjadi pusat unggulan (center of excellence) baik sebagai center culinary tourism, pusat inkubasi wirausaha parekraf, dan juga memiliki program magister terapan,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini