Share

7 Negara Dikenal Punya Banyak Dukun dan Ilmu Sihir

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 406 2551042 7-negara-dikenal-punya-banyak-dukun-dan-ilmu-sihir-4oem4pKzvb.jpg Ilustrasi Ilmu Sihir (dok Freepik)

ZAMAN sudah makin maju dan berkembang. Segala masalah pada akhirnya dapat dipecahkan dengan teknologi terkini.

Namun tetap saja di sela-sela kemajuan dunia, ilmu sihir hingga kini tak pernah luntur. Ada segelintir negara yang dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir.

Mau tahu negara mana saja yang kental dengan ilmu sihir? berikut 7 negara yang dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir.

1. Gambia

Gambia dapa dikatakan sebagai negara yang dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir. Di sana pun begitu gencar melakukan perburuan terhadap penyihir. Hal ini didukung pula oleh sang presiden, Yahya Jammeh.

Presiden Gambia dahulu adalah penyambuh alternatif yang kini berubah menjadi diktator. Ia melegalkan perburuan penyihir sebagai kedok alasan politik. Ya, hal tersebut dilakukan guna menghilangkan orang-orang yak tak satu paham dengannya.

2. India

Negara yang dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir selanjutnya adalah India. Pada 2014 lalu, seorang anak lelaki menjadi korban mutilasi dan dikorbankan dalam upacara sihir. Gilanya, hal ini dilakukan karena sang ayah percaya kematian anaknya dapat membuat sang istri hamil.

Selain itu, di India banyak terjadi kasus perempuan dianiya secara sadis karean dituduh melakukan praktik sihir.

infografis

3. Uganda

Negara yang terletak di Afrika Timur ini dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir. Kabarnya, bukan hal langka lagi ketika ada seseorang dibunuh oleh masyarakat sekitar lantaran dituduh sebagai penyihir.

4. Papua Nugini

Praktik sihir di Papua Nugini bukanlah hal aneh. Pantas saja jika wilayah satu ini masuk ke dalam jajaran negara yang dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir.

Di Papua Nugini, sihir putih dilegalkan untuk membantu pengobatan media. Namun untuk mereka yang melakukan sihir hitam dapat terancam hukuman minimal 2 tahun penjara.

Perburuan penyihir di Papua Nugini juga sangat ekstrim. Banyak dari mereka yang menerima tuduhan sebagai penyihir dan harus disiksa begitu kejam seperti dibakar hidup-hidup.

5. Ghana

Ghana juga termasuk negara yang dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir. Pada 2010 silam, ada seorang lansia berumur 72 tahun yang dituduh sebagai penyihir. Alhasil nenek tersebut dibakar hidup-hidup!

Padahal, kabarnya sang lansir sebenarnya menderita demensia. Tapi masyarakat malah menuduhnya melakukan praktik sihir lantaran nenek itu jatuh dari langit dan mengaku hal itu disebabkan bensin sapu terbangnya habis.

6. Nepal

Negara Nepal dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir. Oleh karena itu, marak pula praktik perburuan penyihir.

Pemerintah Nepal telah memberikan peringatan untuk tak lagi percaya duku. Tapi tetap saja, kepercayaan akan hal ini seolah sudha menjadi budatya.

7. Colombia

Saking dikenal punya banyak dukun dan ilmu sihir, angka kematian karena kasus tuduhan sihir di Colombia pun tinggi. Pada tahun 2012, banyak msyarakat yang menuduh seorang perempuan sengaja membuat para pemuda jatuh sakit.

Perempuan itu juga dituduh datang ke mimpi banyak orang. Alhasil, nasib perempuan itu berakhir malang. Ya dia dibunuh dan dibakar karena dituduh melakukan praktik sihir.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini