Share

Bali Tawarkan 2 Pilihan Sistem Karantina Turis Asing, Ini Penjelasannya

Antara, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 406 2551136 bali-tawarkan-2-pilihan-sistem-karantina-turis-asing-ini-penjelasannya-dFww9UzaBh.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Bali menawarkan dua pilihan sistem karantina di hotel bagi wisatawan mancanegara (wisman) atau pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Keterangan itu disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

"PPLN dapat melakukan karantina di hotel karantina dengan sistem bubble dan non-bubble," kata dia dalam Sidang Paripurna DPRD Bali di Denpasar, Senin (21/2/2022).

infografis

Menurut Wagub yang biasa disapa Cok Ace itu, hotel karantina dengan sistem bubble mengizinkan wisman beraktivitas di luar kamar, tetapi masih dalam kawasan hotel karantina.

"Dengan demikian wisman bisa berenang, belajar mengukir buah, berolahraga dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan," ucap pria yang juga Ketua PHRI Bali itu.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Industri pariwisata Bali juga menawarkan hotel sistem non-bubble yaitu wisatawan mancanegara menghabiskan waktu karantina hanya di kamar saja.

"Saat ini Bali memiliki 65 hotel karantina dan 27 di antaranya adalah hotel karantina dengan sistem bubble. Hal ini memberikan opsi atau pilihan kepada PPLN atau wisman," ujar Cok Ace.

Pemprov Bali dalam mengeluarkan rekomendasi untuk hotel karantina bubble dan non-bubble dibantu oleh tim verifikasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Denpasar dan PHRI Bali.

Di sisi lain, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 juga bekerja sama dengan Pemprov Bali, instansi vertikal, dan pemangku kepentingan pariwisata untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di sarana pariwisata.

Selanjutnya juga akselerasi vaksinasi Covid-19 kepada pelaku pariwisata dan menyiapkan standar operasional prosedur untuk manajemen atau penerimaan PPLN/wisman yang datang ke Bali.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini