Share

Tumpukan Koper Tertahan di Bandara, Penumpang Pesawat Marah Dipaksa Menunggu Berjam-jam

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 406 2551384 tumpukan-koper-tertahan-di-bandara-penumpang-pesawat-marah-dipaksa-menunggu-berjam-jam-U0xaFg28cq.jpg Koper penumpang pesawat menumpuk di Bandara Heathrow, London, Inggris (News.com.au)

PENUMPANG maskapai British Airways yang terbang ke Bandara Heathrow, London, Inggris marah setelah diberi pilihan untuk meninggalkan barang bawaan mereka atau menunggu berjam-jam karena kurangnya staf pada Sabtu dan Minggu.

Kekacauan terjadi setelah Badai Eunice melanda Inggris, menyebabkan kerusakan yang meluas dan ratusan pembatalan penerbangan dari bandara terbesar di negara itu.

Sementara penundaan bagasi tampaknya tidak disebabkan oleh badai, penumpang mengeluh British Airways dan Heathrow tidak mau menjelaskan mengapa hal itu terjadi.

 BACA JUGA: 4 Jenis Awan yang Berbahaya Bagi Penerbangan, Bisa Bikin Pesawat Jatuh

Melansir dari News.com.au, Rabu (23/2/2022), beberapa penumpang mengaku harus menunggu beberapa jam sebelum barang bawaan mereka tiba di carousel pada Sabtu.

Pada malam harinya, sistem tampaknya berhenti total dan penumpang disuruh meninggalkan bandara, serta mengisi formulir bagasi yang hilang.

Seorang penumpang membagikannya ke Twitter dan mengeluh tentang penanganan bagasi British Airways, menggambarkannya sebagai hal yang memalukan.

“Menyembunyikan staf layanan penumpang Anda ketika dimintai pembaruan dan tumpukan barang bawaan yang tidak terkirim/tidak diklaim. Menyalahkan angin ketika kenyataannya adalah Anda kekurangan staf. Memalukan," tulis tweet tersebut.

 BACA JUGA: Penumpang Harus Tahu, Cek Tanda Kondisi Darurat di Kabin Pesawat

Penumpang harus menunggu selama tiga jam untuk barang bawaan mereka, sementara yang lain mengatakan telah menunggu lebih dari empat jam.

Di papan pesan frequent flyer FlyerTalk, seorang pengguna membagikan apa yang telah diberitahukan kepada mereka setelah penerbangan mereka ke Jenewa tertunda.

"Kapten mengatakan kekurangan awak darat berarti barang bawaan dari penerbangan masuk lambat untuk diturunkan dan tas untuk penerbangan kami bahkan lebih lambat untuk dimuat," tulis mereka.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pengguna lain mengatakan sedikit yang berubah pada Minggu pagi dan penumpang yang tiba dengan penerbangan semalam harus menunggu 40 menit sebelum bus, bahkan dapat membawa mereka ke terminal. Sejak saat itu, bagasi membutuhkan waktu beberapa jam untuk muncul.

Formulir pelaporan kehilangan bagasi online British Airways tampaknya macet karena permintaan yang tinggi. Namun, British Airways mengeklaim kekurangan staf bukanlah masalahnya.

Dalam sebuah pernyataan, maskapai mengatakan mereka menghadapi gangguan berkelanjutan sebagai akibat dari badai di Inggris dan di seluruh Eropa.

 Ilustrasi

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kami tahu ini mungkin disebabkan. Yakinlah bahwa kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membantu dan kami memiliki sukarelawan dari seluruh maskapai yang tiba di Heathrow untuk menawarkan dukungan mereka.”

Alih-alih menunggu, maskapai menyarankan penumpang pulang dan menunggu barang bawaan dikirim kepada mereka.

“Jika Anda masih di bandara, kami sarankan untuk pulang atau ke tujuan Anda dan kami akan mengirimkan bagasi kepada Anda sesegera mungkin,” ujarnya dalam pernyataan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini