Share

Naik Kapal Cepat, 28 Turis Singapura Akhirnya Tiba di Nongsa Batam

Antara, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 406 2551586 naik-kapal-cepat-28-turis-singapura-akhirnya-tiba-di-nongsa-batam-vbJYrPuois.JPG Terminal Feri Nongsa Pura, Batam jadi pintu kedatangan wisatawan mancanegara di Batam, Kepri (Foto: Antara)

DINAS Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan sebanyak 28 orang turis asal Singapura perdana berkunjung ke kawasan pariwisata berskala internasional di Nongsa, Kota Batam pada 23 Februari 2022.

Kepala Dispar Kepri Buralimar, di Tanjungpinang mengatakan, puluhan turis itu menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura menuju Pelabuhan Nongsa Pura, Batam.

Ia menjelaskan, Gubernur Ansar Ahmad, Duta Besar Indonesia di Singapura, dan perwakilan Kementerian Koordinator Perekonomian akan menyambut kedatangan turis asal negara yang bertetangga dengan Kepri tersebut.

Namun ia memastikan penyambutan tidak dilakukan secara istimewa, melainkan sederhana, mengingat saat ini kasus aktif Covid-19 di Kepri meningkat tajam.

"Kami juga berupaya menjaga kenyamanan dan keamanan para turis," ujarnya.

Sementara terkait rencana kunjungan wisatawan asal Singapura ke kawasan pariwisata berskala internasional di Lagoi, Kabupaten Bintan, Buralimar merasa optimistis jumlah turis yang berkunjung ke Lagoi lebih dari 60 orang pada 25 Februari 2022.

Saat ini, kata dia jumlah turis asal Singapura yang saat ini terdata akan berkunjung ke Lagoi sebanyak 51 orang. "Dalam beberapa hari ini potensial bertambah. Kita lihat saja nanti," ucapnya.

Kunjungan wisatawan asal Singapura ke Lagoi dan Nongsa itu terkait pelaksanaan travel bubble atau gelembung perjalanan wisata di Lagoi dan Nongsa. Program gelembung perjalanan wisatawan di kawasan pariwisata terpadu itu sudah direncanakan sejak setahun yang lalu.

"Pemerintah pusat telah berulang kali melihat kesiapan Lagoi dan Nongsa melaksanakan program gelembung perjalanan dengan tetap memprioritaskan pelaksanaan protokol kesehatan," ucapnya.

Buralimar menambahkan, seluruh wisatawan asal Singapura wajib melakukan tes usap ketika tiba di Pelabuhan Bentan Telani Lagoi dan Pelabuhan Nongsa. Mereka langsung masuk mobil pariwisata menuju hotel yang telah disiapkan sambil menunggu hasil tes usap PCR.

"Protokol kesehatan tetap ditegakkan sesuai ketentuan yang berlaku. Kami ingin dan mengupayakan wisman merasa aman dan nyaman. Mereka dapat karantina sambil berwisata di kawasan terpadu," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini