Share

Ditolak Naik Pesawat Karena Koper, Ibu Ini Buang Kopernya di Tempat Sampah

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 406 2551642 ditolak-naik-pesawat-karena-koper-ibu-ini-buang-kopernya-di-tempat-sampah-BXob4uFhqQ.jpg Ibu terpaksa buang kopernya usai ditolak masuk ke kabin pesawat (dok TikTok)

MENGEMAS barang sebelum naik pesawat merupakan hal krusial. Barang yang penumpang bawa menentukan nasib saat berada di loket check-in dan gerbang boarding.

Video viral di TikTok menunjukkan seorang penumpang Super Air Jet ditolak naik pesawat oleh petugas maskapai. Buntut dari insiden ini, ibu itu terpaksa membuang koper miliknya agar bisa masuk penerbangan.

Klip tersebut diambil oleh penumpang lain Benny Manurung. Insiden ini terjadi pada 19 Januari di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara menurut keterangan Benny.

“Penumpang ditolak masuk pesawat Super Air Jet,” tulisnya.

“Padahal sudah diperiksa sebelum area boarding.”

infografis

Dijelaskan dalam video, penumpang ditolak masuk karena melanggar aturan berat dan ukuran koper kabin.

“Pertama dipermasalahkan beratnya, lalu dikurangi tapi tetap ditolak, lalu dipermasalahkan ukuran bagasi,” jelas Benny.

Ibu tersebut, yang mengenakan baju dan kerudung merah jambu, tampak sibuk membenahi isi kopernya. Dia memindakan seluruh isi bagasi ke plastik dan meninggalkan koper besar di samping tempat sampah.

Menganggapi klip tersebut, pihak Super Air Jet menjelaskan mengapa ibu itu tidak memenuhi syarat masuk pesawat.

“Ukuran bagasi yang boleh masuk ke pesawat adalah 40x30x20 cm dengan berat maksimal 7kg. Ini adalah aturan yang hampir sama di semua maskapai di Indonesia,” tulis akun @superairjetofficial.

Sebagian pentonton setuju dengan pernyataan maskapai, sementara yang lain menyalahkan petugas bandara. Tidak dijelaskan mengapa penumpang bisa lolos ketika proses check-in.

“Ga bisa disalahin dari sisi petugas check in. Penumpang biasa menyembunyikan brangnya dari petugas cek in,” kata akun @Andihadijahidris.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini