Share

Kaum Jomblo Merapat, Cek 10 Negara dengan Jumlah Wanita Lebih Banyak Dibanding Pria

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 408 2551653 kaum-jomblo-merapat-cek-10-negara-dengan-jumlah-wanita-lebih-banyak-dibanding-pria-lavpRVcjZx.jpg Ilustrasi (dok. Freepik)

BEBERAPA negara dengan jumlah wanita lebih banyak dibanding pria. PBB memperkirakan ada sekitar 7,8 miliar orang di bumi pada Januari 2021. Saat ini, populasi meningkat sekitar 90 juta setiap tahun di seluruh dunia.

Menurut perkiraan PBB pada 2019, setidaknya ada 101,7 pria untuk setiap 100 wanita di dunia.

Di mana sajakah itu? Berikut MNC Portal Indonesia rangkum 10 negara dengan jumlah wanita lebih banyak dibanding pria, dikutip dari Jagran Josh:

1. Nepal

Nepal menjadi negara pertama dengan jumlah wanita lebih banyak dibanding pria. Negara ini memiliki persentase wanita tertinggi sekitar 54,4% dari total populasi negara itu. Artinya, ada sekitar 15,6 juta wanita dan 13 juta pria di Nepal. Menurut statistik, ada 83,8 pria untuk setiap 100 wanita di Nepal.

Salah satu alasannya adalah harapan hidup yang lebih tinggi saat lahir pada wanita. Harapan hidup rata-rata di Nepal adalah 71 tahun. Namun, harapan hidup pria adalah 70,4 tahun, sedangkan wanita adalah 71,6 tahun. Oleh karena itu, wanita cenderung hidup lebih lama daripada pria.

Selain harapan hidup yang lebih tinggi, kebanyakan para pria Nepal dalam usia kerja juga pergi bermigrasi ke luar negeri untuk mencari pekerjaan. Mereka pun meninggalkan wanita, anak laki-laki dan pria lanjut usia seorang diri di rumah. Menurut pemerintah, 1.500 orang Nepal, kebanyakan pria, meninggalkan negara itu setiap hari, dengan mayoritas bermigrasi ke India.

2. Latvia

Negara dengan jumlah wanita lebih banyak dibanding pria kedua adalah Latvia. Terletak di timur laut Eropa dan di tengah tiga negara Baltik, Latvia memiliki persentase penduduk wanita 54,0% atau setidaknya hanya sekitar 80 laki-laki per 100 perempuan. Menurut beberapa sumber, negara yang masuk NATO dan Uni Eropa pada 2004 ini mencatat tingginya angka kematian pria. Faktor penyebabnya kebanyakan akibat gaya hidup yang tidak sehat, termasuk mengkonsumsi alkohol dan rokok.

infografis

3. Lithuania

Negara dengan jumlah wanita lebih banyak dibanding pria berikutnya adalah Lithuania. Negara yang terletak di timur laut Eropa dan merupakan paling selatan dan terbesar dari tiga negara Baltik ini memiliki persentase penduduk wanita 53,7%. Negara dengan total 2,8 juta jiwa ini tercatat hanya memiliki sekitar 400.000 penduduk pria.

4. Ukraina

Negara dengan jumlah wanita lebih banyak dibanding pria selanjutnya adalah Ukraina. Persentase penduduk wanita di negara terbesar kedua di Eropa timur ini adalah 53,7% dari total penduduk. Artinya, Ukraina hanya memiliki 72 pria untuk setiap 100 wanita.

5. Rusia

Rusia adalah negara terbesar dan menempati sepersepuluh dari semua daratan di Bumi. Rupanya negara yang membentang di atas bentangan luas Eropa timur dan Asia utara ini mencatat persentase penduduk wanita 53,7%. Sejak dahulu, Rusia memiliki sekitar 98 pria untuk setiap 100 wanita dalam sensus pertamanya pada tahun 1897. Kekurangan populasi pria ini diakibatkan banyaknya perang yang terjadi.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

6. Belarusia

Sebagai negara yang terkurung daratan di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia di timur laut, Ukraina di selatan, Polandia di barat, dan Lithuania serta Latvia di barat laut, Belarusia mencatat persentase penduduk wanita sebanyak 53,5%. Pasalnya, harapan hidup rata-rata warga negara Belarus ialah 68,72 tahun; untuk lelaki 63,03 tahun dan untuk wanita 74,96 tahun.

7. El Salvador

El Salvador adalah sebuah negara di Amerika Tengah. Sebagai negara terkecil dan terpadat dari tujuh negara Amerika Tengah, ini mencatat persentase penduduk wanita 53,2%. Menurut statistik terbaru, setidaknya ada 88 pria untuk setiap 100 wanita. Rasio laki-laki dan wanita di negara itu juga turun secara bertahap dari 97 laki-laki untuk setiap 100 wanita pada tahun 1950 ke rasio saat ini.

8. Armenia

Armenia, negara Transcaucasia dan terletak tepat di selatan pegunungan besar Kaukasus dan menghadap ujung barat laut Asia, mencatat persentase penduduk wanita 53,0%. Menurut data penduduk 2020, negara ini memiliki populasi penduduk sebesar 2,9 juta jiwa. Dari jumlah itu, hanya sekitar 350.000 penduduk pria. Sama seperti Rusia dan Ukraina, perang menjadi salah satu penyebab kurangnya populasi pria di negara ini.

9. Estonia

Estonia, negara berdaulat di Eropa Timur Laut, mencatat persentase populasi wanita 52,7% dari sekitar 1,3 juta jiwa. Ini berarti Estonia hanya memiliki pria sekitar 200.000 jiwa untuk 1,1 juta. Jika Anda pria yang kesulitan mencari pasangan, disarankan Anda berwisata ke sini.

10. Portugal

Republik Portugis yang terletak di sepanjang pantai Atlantik Semenanjung Iberia di barat daya Eropa ini mencatat persentase populasi wanita 52,7%. Kebanyakan populasi wanita di sana enggan memiliki banyak anak, sehingga populasinya mengalami penurunan yang cukup drastis.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini