Share

10 Wisata Horor di Surabaya, Bikin Merinding!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 408 2551730 10-wisata-horor-di-surabaya-bikin-merinding-XnDvF5PJyE.JPG Rumah Hantu Darmo di Surabaya (Foto: Instagram/@leonardodamar96)

10 WISATA horor di Surabaya, Jawa Timur berikut ini dapat dijadikan referensi bagi anda pecinta petualangan horor. Atau bagi anda yang bosan dengan wisata yang itu-itu saja, wisata horor dapat menjadi salah satu alternatif untuk liburan anda.

Surabaya dikenal dengan banyaknya wisata bersejarah. Terdapat berbagai tempat dan bangunan dengan kesan vintage ala ala masa penjajahan Belanda.

Namun, di balik sejarahnya, gedung atau bangunan yang sudah lama biasanya menyimpan banyak misteri dan kesan horor. Lalu, apa saja 10 wisata horor di Surabaya? Berikut ulasannya seperti dirangkum Okezone.

Rumah Hantu Darmo

Mendengar nama Rumah Darmo tentunya sudah tidak asing lagi bagi pecinta horor. Rumah dengan bangunan yang megah ini berada di Jalan Puncak Permai, Tanjungsari, Sukomanunggal, Kota Surabaya. Menurut penuturan banyak orang, disini sering terdengar suara tangisan hingga penampakan makhluk halus. Rumah Hantu Darmo juga beberapa kali masuk ke dalam acara horor di TV maupun YouTube.

Rumah Hantu Kupang

Tak hanya Rumah Hantu Darmo, di Surabaya juga ada Rumah Hantu Kupang yang merupakan bangunan peninggalan Belanda. Dulunya, bangunan ini didirikan oleh J.A Van Middlekoop pada tahun 1809, lalu berpindah kepemilikan ke Teng Khoen Gwan pada tahun 1945. Bangunan yang tinggi dan lebar ini kini masih berdiri kokoh di Jalan Banyu Urip Wetan, Surabaya. Cerita tentang keangkeran gedung ini sudah banyak diceritakan oleh masyarakat sekitar.

Hotel Majapahit, Surabaya, Jatim

(10 wisata horor di Surabaya, Foto: Instagram/@hotelmajapahitsby)

Hotel Majapahit

Hotel yang menjadi saksi perjuangan warga Surabaya ini berada di Jalan Tunjungan, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Cerita horor tentang hotel ini sudah banyak beredar di dalam masyarakat. Meskipun demikian, hotel ini memiliki nilai sejarah yang sayang untuk di lewatkan.

Museum Kesehatan

Museum yang dirintis oleh Haryadi Soeparto ini berdirir di Jalan Indrapura Nomor 17, Kemayoran, Surabaya. Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi alat-alat yang digunakan dalam penyembuhan. Selain itu, di tempat ini anda juga akan menemukan berbagai macam barang bertemakan horor seperti jailangkung dan boneka kayu yang dipercaya sebagai media pemanggilan arwah.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Bekas Pabrik Padi Ketintang

Cerita seram selanjutnya datang dari Bekas Pabrik Padi Ketintang. Pabrik ini berdiri sejak zaman Belanda dan berhenti beroperasi sejak tahun 1990-an.

Bangunan bekas pabrik ini dibiarkan terbengkalai begitu saja hingga memunculkan banyak kejadian horor. Banyak yang bersaksi pernah melihat penampakan hantu belanda di sekitar bekas pabrik ini.

Gedung Grahadi

Gedung Grahadi adalah gedung yang digunakan sebagai rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1795 dan merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih digunakan hingga saat ini. Konon, karena saking tuanya gedung ini memiliki banyak cerita mistis.

Jembatan Merah

Jembatan Merah menyimpan banyak sejarah di dalamnya, termasuk menjadi saksi tewasnya Brigjen A. W.S. Mallaby. Jembatan yang sudah ada sejak zaman Belanda ini memiliki banyak kisah horor.

Pintu Air Jagir

Salah satu tempat horor yang terkenal di Surabaya adalah Pintu Air Jagir yang dipercaya sebagai rumah bagi buaya putih. Bahkan beberapa acara TV sempat melakukan shooting di tempat ini untuk membuktikan keangkerannya.

Pantai Kenjeran

Salah satu cerita yang dipercaya oleh warga Surabaya mengenai pantai Kenjeran adalah sejarah pantai ini yang dulunya adalah kerajaan siluman ular. Di balik kisah horornya, pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan wisatawan ketika berkunjunga ke Surabaya.

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan dibuat sebagai tanda penghormatan dan untuk mengenang jasa para pahlawan. Namun, di balik itu tersimpan cerita mistis mengenai Tugu Pahlawan ini. Banyak cerita mistis yang berkembang di masyarakat ketika berada di kawasan ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini