Share

Wajah Baru Kali Code Destinasi Wisata Legendaris di Yogyakarta

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 408 2551969 wajah-baru-kali-code-destinasi-wisata-legendaris-di-yogyakarta-4MmaTMLjT5.jpg Wisata Kali Code di Yogyakarta (Okezone.com/Dewi Kania)

KALI Code destinasi wisata legendaris di Yogyakarta. Perkampungan Kali Code bahkan sudah sering jadi lokasi syuting film.

Agar semakin menambah minat traveler, Kali Code punya wajah baru. Suasana menenangkan destinasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Ya, Kali Code menyimpan sisi historis sebagai sungai purba karena sejak lampau telah dilalui aliran lahar dingin Gunung Merapi, gunung vulkanik teraktif di dunia. Menariknya, kali sepanjang kurang lebih 42 meter ini membelah kota Yogyakarta menjadi dua, yakni bagian barat dan timur sekaligus menjadi ikon Yogyakarta.

 BACA JUGA: Pelanggar Prokes di Yogyakarta Bisa Didenda Rp50 Juta, Ini Aturannya

Menikmati suasana pinggir sungainya mirip dengan di kota-kota besar seperti di Singapura, Jepang, Malaysia, Thailand. Kali Code kini menjadi ruang publik karena terpelihara dengan baik.

 Ilustrasi

Kali Code (Okezone.com/Dewi)

Ketua Pamerti Code Kelompok Pelestarian Code Berbasis Budaya Totok Pratopo berinisiatif mengubah Kali Code dengan wajah baru. Para mahasiswa beserta komunitas terlibat membenahi Kali Code.

"Mereka jadi mengetahui persoalan sampah, limbah, dan membatasi sempadan menjadi hunian," ujarnya dalam keterangan resmi.


Selain itu, Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo juga mengembangkan ekowisata “Jelajah Kampung”. "Wisatawan juga dapat mencoba trekking sepanjang 3 kilometer dengan rute dari Kewek hingga Kampung Jetisharjo."

 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko juga senang dan bangga atas inisiatif ini. Menurutnya, Kota Yogyakarta memiliki daya tarik wisata yg beragam berupa wisata budaya, sejarah, pendidikan, kuliner, belanja, dan lain sebagainya, yang tersebar di seluruh wilayah Kota Yogyakarta, termasuk di kampung wisata.

“Cokrodiningratan merupakan salah satu kampung wisata yang mempunyai lokus mengembangkan wisatanya di pinggir Sungai Code. Saat dicat ulang, warga masyarakat senang karena suasana kampung wisata semakin cantik dan bersih penampilannya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dia berharap, dengan perubahan wajah baru Kali Code ini menjadi objek kunjungan yang menarik bagi wisatawan.

"Harapannya, apabila semakin banyak alternatif daya tarik wisata termasuk kampung kampung wisata yg tertata, bersih dan cantik, akan memperpanjang lama tinggal (lenght of stay) wisatawan di Kota Yogyakarta,” ujar Wahyu.

 Ilustrasi

Topan Wijaksono Nippon Paint Indonesia juga menjelaskan, Kali Code dicat ulang dengan kombinasi warna putih dan biru. Cat yang dibutuhkan sebanyak 1.554 liter untuk mewarnai wilayah 12.600 meter persegi atau setara dengan 150 rumah warga.

"Dengan adanya revitalisasi ini, diharapkan dapat menjadi potensi ekonomi atau mata pencaharian baru warga sebagai pengembang Desa Wisata sekaligus menjadikan Kalicode 1001 Jetisharjo sebagai wisata ikonik budaya Yogyakarta yang tentunya menarik dan Instagramable," kata Topan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini