Share

Dubai Buka Museum Masa Depan, Bangunannya Terindah dan Tercanggih di Dunia

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 408 2552007 dubai-buka-museum-masa-depan-bangunannya-terindah-dan-tercanggih-di-dunia-5vnAmWCRww.jpg Museum of The Future (MOTF) di Dubai, Uni Emirat Arab (Foto AFP/Getty Images via New York Post)

MUSEUM of the Future aau Museum Masa Depan (MOTF) yang baru dibuka di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 22 Februari 2022, disebut-sebut sebagai bangunan paling indah dan berteknologi tinggi di dunia.

Terletak di sebelah Emirates Towers di Sheikh Zayed Road, museum ini memperlihatkan kondisi dunia 50 tahun dari sekarang. MOTF mampu memprediksi bagaimana generasi berikutnya dapat meningkatkan dan merevolusi umat manusia menjadi lebih baik.

 BACA JUGA: Museum Tionghoa, Destinasi Wisata Baru dan Simbol Toleransi di Sukabumi

“Ini adalah keajaiban arsitektur dan teknik. Dengan percaya diri mengangkangi masa lalu dan masa depan. Serta menerapkan teknologi canggih ke bentuk seni tradisional,” kata pejabat Uni Emirat Arab saat pembukaan sebagaimana dilansir dari New York Post, Kamis (24/2/2022).

 Ilustrasi

MOTF di Dubai (Reuters via NYPost)

Terbuat dari fiberglass dan rangka baja tahan karat, pengembangan ini dirancang oleh firma arsitektur Killa Design, dan telah diakui oleh National Geographic sebagai salah satu dari 14 museum terindah di dunia.

Namun Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, wakil presiden dan perdana menteri UEA, melangkah lebih jauh dengan menyebutnya sebagai "bangunan terindah di dunia" dalam sebuah tweet.

 BACA JUGA: Intip Foto-Foto Liburan Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez di Dubai

Membentang seluas 323.000 kaki persegi dan terdiri dari tujuh lantai, MOTF memiliki sejumlah lantai yang didedikasikan untuk berbagai pengalaman. Tiga lantai termasuk pameran imersif, berfokus pada pengembangan sumber daya luar angkasa, ekosistem dan bioteknologi, bersama dengan kesehatan dan kesejahteraan.

 Ilustrasi

MOTF di Dubai (Reuters via NYPost)

Lantai lain akan memamerkan teknologi masa depan yang bertujuan untuk merevolusi dunia dengan mengatasi tantangan di berbagai bidang yang mencakup kesehatan, air, makanan, transportasi, dan energi.

Lantai terakhir ditunjukkan khusus untuk anak-anak. Mereka dapat mengeksplorasi dan memecahkan tantangan dengan caranya sendiri. Situs menyebut mereka sebagai “pahlawan masa depan kita”.

Museum ini terpampang dalam kutipan dari Al Maktoum. “Kita mungkin tidak hidup selama ratusan tahun, tetapi produk kreativitas kita dapat meninggalkan warisan lama setelah kita tiada. Masa depan adalah milik mereka yang dapat membayangkannya, merancangnya, dan melaksanakannya. Itu bukan sesuatu yang Anda tunggu, melainkan ciptakan.”

 Ilustrasi

Mohammad Al Gergawi, direktur pelaksana Dubai Future Foundation mengatakan tentang pengumuman pertama museum, “Ikon teknik memposisikan Dubai sebagai tempat ujian bagi teknologi baru dan basis eksplorasi bagi para talenta, penemu, dan profesional kreatif dari seluruh dunia untuk mengungkap yang terbesar. Tantangan yang akan membentuk masa depan umat manusia.

“Museum Masa Depan adalah 'museum hidup', yang terus beradaptasi karena lingkungannya mendorong perubahan terus-menerus,” tambah Gergawi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini