Share

Kepri Dorong Pelaksanaan VTL dengan Singapura tapi Harus Dievaluasi Dulu

Antara, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 406 2552164 kepri-dorong-pelaksanaan-vtl-dengan-singapura-tapi-harus-dievaluasi-dulu-hXA6deobAY.JPG Terminal Feri Nongsa Pura, Batam jadi pintu kedatangan wisatawan mancanegara di Batam, Kepri (Foto: Antara)

GUBERNUR Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mendorong pemerintah menerapkan kebijakan Vaccinated Travel Lane (VTL) dengan Singapura, atau sama dengan yang diterapkan Pemerintah Singapura untuk Batam dan Bintan.

"Kalau bisa ke depan kita dapat memberlakukan yang sama," kata Ansar.

Dengan kebijakan VTL, menurut dia, maka pelancong tidak perlu menjalankan karantina Covid-19, dengan sejumlah syarat yang telah ditetapkan.

Ia menyatakan, apabila kebijakan itu ditetapkan untuk Kepri dan Singapura, maka syaratnya antara lain menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Namun, Gubernur menegaskan rencana penerapan VTL harus dipertimbangkan dengan matang.

"Itu perlu evaluasi dulu. Nanti kita usulkan ke pemerintah pusat, kalau kegiatan pariwisata dari Singapura ke Kepri aman terkendali," kata dia.

Saat ini pemerintah masih menerapkan kebijakan gelembung perjalanan atau travel bubble, khusus untuk wisman Singapura ke Kawasan Nongsa Sensation dan Bintan Resor.

Setiap wisman yang datang dalam skema itu tidak diperkenankan ke luar kawasan gelembung yang sudah ditentukan.

Sebanyak 26 wisman datang ke Batam dalam penerapan gelembung perjalanan perdana pada Rabu, 23 Februari 2022.

Ia menyatakan, jika kebijakan gelembung perjalanan berjalan sukses, maka pihaknya baru bisa mengajukan rencana lain, seperti meningkatkan jumlah wisman yang datang dan pulang ke Singapura.

Sebelumnya, Kadispar Provinsi Kepri, Buralimar menyatakan, juga telah mengajukan kebijakan VTL untuk daerah itu dengan Singapura.

"Kami minta pemerintah pusat menerapkan VTL, jadi sama-sama VTL dengan Singapura, resiprokal. Timbal balik," kata Buralimar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini