Share

Nelayan Kaget Tangkap Hiu Martil Terbelah 2 Bagian, Diduga Diserang Hiu Putih Pembunuh

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Sabtu 26 Februari 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 406 2552739 nelayan-kaget-tangkap-hiu-martil-terbelah-2-bagian-diduga-diserang-hiu-putih-pembunuh-gb9mOnS1dw.JPG Hiu martil terbelah dua bagian dicabik hiu putih (Foto: Facebook/Trapman Bermagui)

SEORANG nelayan Australia yang berpengalaman telah menangkap tiga ekor hiu, di mana masing-masing digigit seluruhnya menjadi dua bagian oleh hiu yang ukurannya jauh lebih besar.

Pemancing profesional Jason Moyce menangkap tangkapan paus perunggu dan dua hiu martil di lepas pantai Bermagui di NSW selatan.

Moyce mengatakan di Facebook, dia pergi dengan Trapman Bermagui, dan tidak bisa mendapatkan seluruh hiu kembali ke perahu saat keluar memancing pada Rabu lalu.

"Banyak hiu martil di sekitar, tetapi mengembalikan yang utuh ke perahu adalah sebuah tantangan," kata Moyce setelah menangkap hiu yang dikunyah menjadi dua.

Ketika menemukan yang ketiga, Moyce yang memiliki pengalaman memancing profesional selama puluhan tahun memutuskan untuk berhenti.

"Bahkan bronzies (penangkap paus perunggu) tidak aman hari ini. Tidak ada lagi penangkapan ikan hiu bagi kami. Terlalu banyak unit besar di sekitar," katanya.

Ia mengatakan bahwa menganggap hiu macan bertanggung jawab, meskipun tidak yakin, dan dia memiliki pengalaman serupa dalam beberapa tahun terakhir dengan hiu yang membuntuti perahu nelayannya mencari sumber makanan yang mudah.

Ada peningkatan serangan hiu dalam beberapa tahun terakhir dengan satu teori yang menyatakan bahwa hiu lebih aktif di perairan yang lebih hangat. Ilmuwan dari Inggris dalam studi tahun 2018 menemukan suhu air 22 Celsius lebih disukai oleh hiu macan.

"Studi kami menunjukkan bahwa suhu air 22 Celsius tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas untuk mereka," ungkap Dr Nicholas Payne dari Queen's University Belfast dan University of Roehampton.

Dijelaskannya, jika air laut naik bahkan satu atau dua derajat, ini bisa berdampak pada populasi hiu.

"Tempat-tempat seperti Sydney mungkin mulai melihat lebih banyak hiu macan selama bulan-bulan musim dingin, sedangkan saat ini Anda sangat jarang melihat hiu macan di Sydney pada musim dingin," sambungnya.

Musim panas La Nina di Australia sebagian disebabkan oleh genangan air permukaan yang hangat di Samudra Pasifik bagian barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini