Share

Gila! Pengunjung Pantai Ini Tak Sadar Pegang Gurita Paling Mematikan di Dunia

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 406 2553351 gila-pengunjung-pantai-ini-tak-sadar-pegang-gurita-paling-mematikan-di-dunia-MnWgscmCHV.JPG Gurita cincin biru beracun paling mematikan di dunia (Foto: TikTok/@Katapilla)

SEORANG pengunjung pantai di Australia sangat beruntung dirinya tidak terluka saat menggendong salah satu makhluk laut paling mematikan di perairan negeri kanguru.

Melansir Independent, wanita itu memfilmkan dirinya mengambil dan menggendong gurita cincin biru di tangan kirinya. Ia mengunggah videonya ke TikTok, dengan nama pengguna "katapilah".

"Laut yang indah dan berbahaya," tulisnya pada judul video.

Wanita itu mengaku, awalnya ia tak menyadari bahwa makhluk itu adalah gurita cincin biru. Ia pun tidak terburu-buru untuk mengambilnya lagi.

Gurita cincin biru mengandung tetrodotoxin, racun saraf yang kuat dan dapat menyebabkan kegagalan pernapasan pada manusia. Bahkan, racun itu bisa menyebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian.

Gurita cincin biru dapat ditemukan hingga kedalaman 50 meter di sepanjang garis pantai Australia selatan. Spesies ini telah dideskripsikan oleh situs Museum Australia sebagai salah satu hewan paling berbahaya di laut.

Meski racun mereka telah mengakibatkan korban manusia, gurita bisa menjadi makhluk yang sangat pemalu dan tidak agresif. Ia lebih suka bersembunyi di bawah tepian dan celah-celah, kata situs web tersebut.

“Bertemu dengan manusia biasanya mengakibatkan gurita dengan cepat melesat mencari perlindungan. Hanya ketika hewan itu diambil, kemungkinan besar ia akan 'menggigit' dan menyuntikkan racunnya yang melumpuhkan," tambahnya.

Gurita cincin biru telah menyebabkan kematian setidaknya tiga orang di negeri kanguru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini