Share

Ikut Lomba Anugerah Desa Wisata 2022, Daya Tarik Pulau Panggang Apa Saja?

Antara, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 406 2553364 ikut-lomba-anugerah-desa-wisata-2022-daya-tarik-pulau-panggang-apa-saja-0leBChrGng.JPG Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta (Foto: Instagram/@harisakman)

PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan Pantai Matahari Terbit (Sunrise) Pulau Pramuka di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara untuk menang pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Oleh karenanya, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi meminta sejumlah personel Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait untuk menginventarisasi sarana dan prasarana yang perlu perbaikan dan penambahan di lokasi wisata itu agar Kelurahan Pulau Panggang bisa memenangi tujuh kategori dalam penilaian ADWI tahun ini.

"Kami ingin menginventarisasi sarana dan prasarana yang harus diperbaiki maupun ditambah untuk memenuhi tujuh kategori dalam penilaian lomba ADWI," ujar Junaedi.

Ia menambahkan, selain Sunrise Beach, Kelurahan Pulau Panggang memiliki Taman Mangrove, ekosistem terumbu karang dan Pulau Margasatwa Elang Bondol yang merupakan maskot Provinsi DKI Jakarta di Pulau Kotok.

Infografis Desa Wisata

"Kami juga mengajak investor untuk membangun kawasan wisata baru di Pulau Pramuka yang bisa menjadi daya tarik bagi turis lokal maupun mancanegara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Puji Astuti optimistis Kelurahan Pulau Panggang bisa memenangi dua dari tujuh kategori ADWI 2022, seperti kategori rumah singgah (homestay) maupun desa digital.

"Persiapan sudah sangat baik karena di sini sudah banyak ikon-ikon wisata yang menarik dan siap dilombakan. Kami optimistis Kelurahan Pulau Panggang bisa terpilih menjadi yang terbaik pada ajang ADWI 2022," kata Puji.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Adapun tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang ADWI 2022 yakni :

1. Penerapan kebersihan, kesehatan, keamanan dan keberlanjutan lingkungan (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability/ CHSE).

2. Desa digital.

3. Suvenir (kuliner, fesyen, kriya).

4. Daya tarik wisata (alam, budaya, buatan).

5. Konten kreatif.

6. Rumah singgah (homestay).

7. Toilet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini