Share

Dibombardir Rusia, Simak 9 Fakta Menarik Ukraina yang Jarang Orang Tahu

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 406 2553652 dibombardir-rusia-simak-9-fakta-menarik-ukraina-yang-jarang-orang-tahu-lyAtQ6o6Mt.JPG Salah satu bangunan ikonik di Kota Kiev, Ukraina (Foto: Instagram/@jvdt)

KETEGANGAN Ukraina yang terus dibombardir oleh Rusia, semakin menarik perhatian mata diseluruh dunia. Negara yang terletak di Eropa Timur ini memiliki sejumlah fakta yang jarang diketahui oleh orang.

Ukraina letaknya berbatasan dengan Rusia di timur dan timur-laut; Belarus di barat-laut; Polandia dan Slowakia di barat; Hongaria, Rumania, dan Moldova di barat-daya; Laut Hitam di selatan; dan Laut Azov di tenggara. Lalu fakta apa saja yang ada di Ukraina? Berikut seperti MNC Portal Indonesia himpun dari berbagai sumber.

1. Sungai terpanjang keempat di Eropa

Ukraina memiliki sungai terpanjang keempat di Eropa, yaitu Sungai Dnieper namanya. Melintasi Ukraina dan Belarus dari Valdai Hills, Rusia.

Sungai Dnieper melintasi Belarusia dan Ukraina, hingga ke Laut Hitam. Panjangnya 2.285 km, di mana 485 kilometer (km) melintasi Rusia, 595 melintasi Belarusia, serta 1.095 melintasi Ukraina.

Sumber Sungai Dnieper adalah rawa-rawa Bukit Valdai di Rusia Tengah, dengan ketinggian 220 meter. Sepanjang 115 km, sungai ini menjadi batas negara Belarusia dan Ukraina. Sungai ini dihubungkan dengan Sungai Bug oleh Terusan Dniper-Bug.

Selain itu Dnieper sangat penting bagi transportasi ekonomi Ukraina, yang memungkinkan kapal dengan ukuran hingga 270x18 meter mengakses pelabuhan Kiev. Sungai ini juga digunakan oleh kapal penumpang. Pada musim dingin, navigasi terhenti karena sungai membeku.

2. Dihuni sejak 32.000 tahun sebelum masehi

Wilayah modern Ukraina telah dihuni sejak tahun 32.000 SM. Pada zaman Pertengahan, wilayah ini merupakan pusat terpenting bagi kebudayaan Slavia Timur, dengan negara Rus Kiev yang kuat membentuk alas jatidiri bangsa Ukraina.

Infografis Kota Terbaik di Eropa

Kemudian setelah keterpecahannya pada abad ke-13, wilayah ini diperlombakan, dikuasai, dan dipecah-belah oleh beberapa kuasa. Misalnya Lithuania, Polandia, Kesultanan Utsmaniyah, Austria-Hongaria, dan Rusia.

Sebuah republik kazaki muncul dan makmur pada abad ke-17 dan 18, tetapi wilayahnya terbagi antara Polandia dan Imperium Rusia, yang kemudian sepenuhnya menjadi milik Rusia. Setelah itu, periode kemerdekaan yang singkat terjadi pada abad ke-20.

Pertama menjelang akhir Perang Dunia I dan yang kedua adalah pada masa Perang Dunia II, akan tetapi dua periode ini berujung pada takluk dan menyatunya wilayah-wilayah Ukraina ke dalam sebuah republik Soviet, situasi yang berlaku sampai tahun 1991, ketika Ukraina meraih kemerdekaannya dari Uni Soviet, segera setelah pembubarannya pada penghujung Perang Dingin.

3. Pusat pangan dunia

Fakta selanjutnya tentang Ukraina adalah negara ini sejak lama menjadi pusat cadangan pangan dunia. Hal ini karena negara tersebut memiliki lahan pertanian yang luas dan juga subur. Ukraina masih menjadi salah satu negara pengekspor terbesar biji-bijian di dunia.

Selain itu, tanah pertanian mencakup 70 persen permukaan Ukraina. Oleh karena itu, jika peperangan terus berjalan dapat berdampak buruk bagi pasar hasil pertanian Ukraina.

Bagi Ukraina pertanian merupakan sumber ekspor utama di Ukraina. Pertanian negara ini di antaranya menghasilkan jagung, gandum, barley, kacang-kacangan, buah, kentang, bunga matahari, dan rumput.

4. Pernah Jadi Negara Terkuat di Eropa

Tak banyak yang tahu, ternyata Ukraina pernah menjadi negara terkuat di Eropa, lho. Tepatnya pada abad ke-10 dan 11, Rus Kiev menjadi negara terbesar dan terkuat di Eropa.

Rus Kiev meletakkan dasar bagi jatidiri kebangsaan Ukraina dan Rusia. Kiev, ibu kota Ukraina modern, menjadi kota terpenting bagi bangsa Rus.

5. Titik transit gas alam terbesar Rusia

Pada era 90-an, Ukraina juga memainkan peran penting bagi ekspor gas alam Rusia. kebanyakan gas yang diekspor Rusia ke Eropa menggunakan jalur Rusia Ukraina . Namun, jalur gas baru seperti Nord Stream dan TurkStream kelak mengikis peran Ukraina sebagai titik transit ekspor gas.

Pada 2001, volume gas alam yang transit di Ukraina mencapai 120 bank cubic meter (bcm). Namun pada 2021, angka ini turun hingga 41 bcm.

Ukraina

(Foto: Instagram/@visitukraine)

6. Zona konflik kelompok separtis

Kawasan ini juga menjadi zona konflik dan kelompok separatis Donetsk, yakni merupakan zona konflik Rusia Ukraina yang terletak di perbatasan kedua negara dengan populasi 905 ribu penduduk.

Zona perbatasan Ukraina dan Rusia terletak sepanjang Kharkiv, kota dengan populasi 1,43 juta penduduk, Luhansk dengan 399 ribu penduduk, dan Donetsk.

Kelompok separatis Donbas didukung Moskow dan menguasai kawasan Donetsk dan Luhansk selama hampir 8 tahun. Presiden Rusia Vladimir Putin pun mengakui, keberadaan kelompok separatis ini dan menempatkan tentara resmi Rusia di sepertiga kawasan tersebut.

7. Kiev punya deretan bangunan tua

Kiev jadi wilayah yang cukup parah terdampak perang antara Ukraina dan Rusia. Ibu kota Ukraina ini padahal memilih deretan bangunan tua berarsitektur cantik. Sehingga para wisatawan yang datang akan merasakan pemandangan yang tak biasa, dan unik.

Kiev merupakan kota terbaik bagi para pecinta city tour yang hanya punya sedikit waktu untuk liburannya. Beberapa pilihan tempat yang dapat dikunjungi selama di Kiev itu antara lain ada Kiev Pechersk Lavra, dan Saint Sophia’s Cathedral, kuga Khreshchatyk, dan maidan Nezalezhnosti, serta Golden Gate, dan masih banyak landmark yang lainnya yang tak kalah menarik.

8. Askania, Nova

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan savana, bisa berkunjung ke Askania, Nova. Tempat ini menjadi bagian dari keajaiban alam di Ukraina.

Letaknya di Kherson Oblast, ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Cagar alam ini cukup luas, terdiri dari wilayah terbuka hijau, juga ada taman botani, dan taman zoologi, juga bagian-bagian lainnya.

9. Tunnel of Love

Tunnel of Love atau terowongan cinta ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata di Ukraina. Tempat ini sangat populer, karena mengusung konsep yang menarik dan juga unik. Di sepanjang terowongan cinta ini, Anda akan melihat tanaman yang merambat memenuhi sepanjang dinding terowongan tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini