Share

8 Negara yang Membenci Indonesia, Nomor 1 Paling Getol Kritik Soal Papua

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 406 2554415 8-negara-yang-membenci-indonesia-nomor-1-paling-getol-kritik-soal-papua-5vp4VaVzBO.JPG Vanuatu, salah satu negara yang membenci Indonesia (Foto: Instagram/@vanuatuislands)

DEMI menjaga perdamaian dunia, setiap negara biasanya menjalin hubungan baik dengan negara lain. Akan tetapi, faktanya ada 8 negara yang membenci Indonesia.

Beberapa negara kerap menunjukkan sikap ketidaksukaannya kepada Indonesia dalam forum internasional. Kebencian mereka umumnya berawal dari konflik antara Indonesia dan Papua. Merangkum dari Angka dan Data Channel, inilah 8 negara yang membenci Indonesia

8. Nauru

Nauru merupakan negara kecil yang terletak di Kepulauan Pasifik. Negara ini terkenal dengan tambang fosfat yang kaya, namun jatuh miskin pada tahun 2001.

Diketahui Nauru tidak suka dengan Indonesia dan mendukung kemerdekaan Papua Barat. Nauru menjadi salah satu negara yang ikut memberikan suara bagi kemerdekaan Papua Barat pada tahun 2015.

7. Kepulauan Marshall

Beribu kota Majuro, Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat.

Pada sidang umum ke-71 PBB, Kepulauan Marshall sempat meminta penyelidikan pelanggaran HAM yang dilakukan Indonesia terhadap Papua Barat. Tetapi tuduhan ini telah dibantah dan diluruskan oleh diplomat Indonesia Silvani Pasaribu.

Infografis Kota Paling Ramah Sedunia

6. Palau

Palau masuk dalam jajaran negara yang tidak menyukai Indonesia. Pada 2016, negara yang terletak di utara ini ikut bergabung dengan beberapa negara di wilayah Oseania untuk menyerang Indonesia. Mereka secara terang-terangan mendukung kemerdekaan Papua Barat.

5. Tonga

Tonga merupakan negara Polinesia yang berbentuk kepulauan. Terdiri dari 177 pulau, negara kecil ini terletak di Samudra Pasifik. Tonga menuduh pemerintah Indonesia bersikap tidak adil dan melakukan pelanggaran HAM berat di Papua Barat.

4. Saint Vincent dan Grenadines

Negara Saint Vincent dan Grenadines adalah salah satu negara kecil yang terletak di Kepulauan Karibia, Amerika Tengah.

Negara ini merupakan satu-satunya negara dari Benua Amerika yang tidak menyukai Indonesia. Tonga ikut bersuara pada sidang umum ke-71 PBB 2016 untuk memojokkan Indonesia.

3. Kepulauan Solomon

Terletak di sebelah timur Papua Nugini, Kepulauan Solomon juga dikabarkan tidak menyukai Indonesia. Negara yang terdiri dari enam pulau besar dan 900 pulau-pulau kecil tersebut mendesak PBB melakukan penyelidikan pelanggaran HAM di Papua Barat.

2. Tuvalu

Masih soal Papua, Tuvalu ikut bergabung dengan negara lain yang memojokkan Indonesia. Negara bekas jajahan Inggris ini mendukung Papua Barat untuk menjadi sebuah negara yang merdeka.

Vanuatu

(8 negara yang membenci Indonesia, Foto: IG/@theislanervu)

1. Vanuatu

Negara nomor satu yang dikabarkan sangat membenci Indonesia adalah Vanuatu. Terletak di Kepulauan Pasifik dan berdekatan dengan Australia, Vanuatu menjadi negara pelopor yang mendukung kemerdekaan Papua Barat.

Diplomat Silvani Pasaribu menuduh Vanuatu memiliki obsesi berlebihan dan tidak sehat terhadap Indonesia. 

Negara ini juga kerap mencampuri urusan Indonesia dengan Papua Barat. Hampir setiap tahunnya Vanuatu menyinggung pelanggaran HAM yang dialami masyarakat Papua di sidang umum PBB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini