Share

Viral Lumba-Lumba Kepala Buntung Terdampar di Pantai, Tumbal Sarapan Hiu?

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 406 2554510 viral-lumba-lumba-kepala-buntung-terdampar-di-pantai-tumbal-sarapan-hiu-RNPgSxgFL3.JPG Lumba-lumba jadi korban keganasan hiu putih pembunuh (Foto: The Sun)

SEEKOR lumba-lumba tanpa kepala ditemukan di pantai dekat Brighton, Inggris memicu ketakutan baru di antara penduduk setempat bahwa ada hiu putih besar di perairan. Lumba-lumba itu ditemukan terdampar di Hove, East Sussex, pada Senin pagi oleh seorang pelari.

Peristiwa itu terjadi hanya beberapa minggu setelah seorang pria lokal memotret yang dia klaim sebagai sirip hiu di perairan lepas pantai di dekat Goring-by-Sea.

Georgia Tournay-Godfrey menemukan lumba-lumba malang itu pada pukul 08.50 waktu setempat di dekat The Meeting Place Café di King's Road.

Ia memberi tahu The Argus bagaimana dirinya dan saudara laki-lakinya terobsesi dengan penampakan hiu, jadi penemuannya itu mengejutkan.

"Pikiran pertama saya adalah hiu putih besar memakannya untuk sarapan. Kepalanya hilang. Itu cukup mengerikan.” ujar Georgia.

Akan tetapi, Paul Cox dari Shark Trust tidak begitu yakin dengan klaim bahwa hiu putih besar membunuh lumba-lumba tersebut. Menanggapi foto lumba-lumba, dia mengatakan: "Kami memiliki banyak kasus di masa lalu, di mana orang telah melihat mamalia laut yang terdampar dengan cedera yang dianggap gigitan."

"Cukup sering cedera terjadi post-mortem dan dari pemulung. Bahkan burung dan kepiting dapat melakukan banyak kerusakan," sambungnya,

Foto-foto yang diyakini sebagai hiu putih besar ditangkap oleh pria lokal James Venn (42) saat dia berdiri di pantai dekat Goring pada 4 Februari lalu.

Pada saat itu, Venn mengatakan: "Saya pergi ke pantai untuk memberi makan burung-burung ketika melihat sesuatu muncul tepat di belakang ombak. Pada saat itu saya pikir itu adalah segel, tetapi ketika melihat foto-foto itu lagi, saya pikir itu tidak terlihat seperti anjing laut.".

Venn kemudian mengirim fotonya ke nelayan hiu berpengalaman Graeme Pullen (70) yang mengeklaim itu jelas hiu.

Pullen, yang telah menangkap hiu selama 45 tahun bahkan menyarankan sirip itu mungkin milik hiu putih yang kecil dan belum dewasa yang mendekati pantai untuk memakan anjing laut dan bass.

"Menganalisis foto itu jelas hiu, ini tidak dapat disangkal. Saya selalu mengira ada hiu di sana karena ada begitu banyak penampakan oleh nelayan, tetapi James berhasil memotret siripnya. Ini hanya bisa menjadi putih besar yang kecil dan belum dewasa yang mencari anjing laut atau bass untuk dimakan karena mereka lebih cenderung mendekati (mendarat) untuk memberi makan," ujar Pullen.

Pullen mengatakan, hiu putih besar bisa nyaman hidup secara permanen di perairan ini, berenang 70 mil dari pantai setiap hari. Hiu putih besar dapat tumbuh hingga 20 kaki panjangnya dan beratnya mencapai 5.000 pon, mereka juga dapat hidup selama 70 tahun.

Itu terjadi beberapa minggu setelah Brit Simon Nellist (35) diserang hiu putih besar setinggi 15 kaki saat ia berlatih berenang di laut lepas Sydney. Ia hanya berjarak 150 meter dari pantai di Buchan Point, dekat Little Bay di Sydney, ketika predator itu menyerang dalam serangan fatal pertama di daerah itu hampir 60 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini