Share

Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Anda Coba

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 301 2555204 makanan-khas-yogyakarta-yang-wajib-anda-coba-YUzeB6YqJN.JPG Angkringan nasi kucing, makanan khas Yogyakarta wajib coba (Foto: Instagram/@born.death)

MAKANAN khas Yogyakarta sangatlah beragam. Mulai dari jajanan ringan tradisional, makanan berat tradisional, hingga makanan dan minuman kekinian yang berasal dari Yogyakarta pun banyak. Tak heran jika wisatawan betah berlama-lama di kota ini.

Kota pelajar Yogyakarta memiliki banyak potensi untuk menarik wisatawan. Provinsi dengan banyak kampus besar ini tidak pernah sepi dan selalu menjadi salah satu destinasi wajib untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di sini anda dapat menemukan wisata alam dari gunung hingga lautan, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata modern.

Kali ini akan dibahas wisata kuliner dari Yogyakarta. Nah, lalu apa saja Makanan Khas Yogyakarta yang wajib anda coba? Berikut makanan khas Yogyakarta yang wajib anda coba versi Okezone.

Gudeg

Berbicara tentang Yogyakarta pasti erat hubungannya dengan makanan khasnya, yaitu gudeg. Makanan yang satu ini bahkan menjadi salah satu ikon kota Jogja.

Gudeg terbuat dari nangka muda yang diolah menggunakan berbagai macam rempah. Rasa dari makanan khas yang satu ini cenderung manis dan gurih. Ada dua jenis gudeg yang dapat anda cicipi, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg yang paling terkenal adalah Gudeg Yu Jum.

Oseng Mercon

Makanan yang satu ini cocok dinikmati oleh anda yang mengaku sebagai pecinta pedas. Oseng mercon merupakan olahan daging ayam dengan rempah-rempah dan tentunya dengan cabai.

Infografis Wisata Malam Yogyakarta

Anda bisa mencoba salah satu oseng mercon yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Oseng Mercon Bu Narti. Bagi yang tidak kuat pedas jangan coba-coba ya.

Mangut Lele

Mangut lele merupakan olahan makanan berbahan dasar ikan lele yang dimasak dengan kuah santan. Cita rasa yang disajikan cenderung pedas dan gurih. Anda dapat merasakan kelezatan mangut lele di warung Mbah Marto, salah satu warung makan yang menyediakan mangut lele sejak 60 tahun yang lalu.

Brongkos

Makanan mirip dengan rawon ini dikenal dengan nama sayur brongkos. Kuahnya terlihat pekat karena menggunakan kluwek dan juga rempah-rempah lain. Cita rasa yang disuguhkan oleh makanan khas yang satu ini adalah pedas dan gurih.

Nasi Kucing

Yogyakarta dikenal dengan banyaknya lapak angkringan yang menjual nasi kucing. Angkringan menjadi salah satu tempat nongkrong pilihan mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta karena menunya dikenal murah-murah. Nasi kucing sendiri merupakan nasi dengan lauk seperti ikan teri atau oseng tempe yang dibungkus kecil-keci. Mirip dengan porsi makanan kucing. Harganya pun murah, mulai dari Rp. 1.000 - Rp2.000.

Krecek

Krecek merupakan pasangan dari Gudeg. Biasanya dalam satu porsi Gudeg anda dapat menemukan krecek. Krecek merupakan kerupuk rambak yang diolah dengan berbagai bumbu sehingga menghasilkan rasa yang pedas dengan tekstur yang kenyal.

Bakpia Pathok

Siapa yang tidak mengenal bakpia? Makanan ringan khas Yogyakarta ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika anda bertandang ke kota ini. Jadi tidak heran Bakpia begitu terkenal dan menjadi salah satu identitas dari kota Yogyakarta. Sekarang ini banyak varian bakpia yang dapat anda coba.

Belalang Goreng

Belalang goreng atau Walang goreng merupakan salah satu makanan khas yang cukup ekstrem. Makanan ringan yang satu ini berbahan dasar belalang yang digoreng menggunakan berbagai macam bumbu. Anda dapat menemukan walang goreng ini di sepanjang jalan menuju kawasan Gunung Kidul. Rasanya renyah dan gurih, cocok dijadikan camilan dan oleh-oleh.

Pecel Pasar Beringharjo

Pecel sangat populer di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Makanan tradisional yang satu ini berisikan beberapa macam sayuran yang direbus dan diberikan sambel kacang yang kental. Biasanya pecel juga disajikan dengan berbagai macam lauk. Anda bisa menemukan banyak pedagang pecel di Pasar Beringharjo.

Nasi Tiwul

Makanan yang satu ini terkenal dari Gunung Kidul. Pada zaman penjajahan, harga beras sangat mahal sehingga masyarakat mencari bahan lain untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi, yaitu singkong. Nasi tiwul berbahan dasar singkong yang biasanya dimakan bersama berbagai macam lauk. Demikian ulasan Okezone mengenai makanan khas Yogyakarta yang wajib anda coba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini