Share

Wajib Dikunjungi, 15 Tempat Wisata Jogja Terhits

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 408 2555312 wajib-dikunjungi-15-tempat-wisata-jogja-terhits-nKiB3mXXNb.jpg Pengunjung objek wisata HeHa Sky View, Gunung Kidul, DI Yogyakarta (Instagram @hehaskyview)

WISATA Jogja terhits memang cukup banyak dan beragam. Yogyakarta atau kerap disebut dengan Jogja menjadi salah satu kota besar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak pernah sepi.

Bagaimana tidak? Kota yang tetap dan terus mengangkat budaya jawa ini menghadirkan banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik. Tempat wisata yang ada pun tergolong hits dan instagramable, sehingga banyak anak muda yang menjadikan kota ini destinasi wisata wajib dikunjungi.

Lantas, tempat wisata hits apa saja yang ada di Jogja? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Studio Alam Glampong

Napak tilas ke tempo doeloe di Hollywood-nya Indonesia memang menjadi hal yang wajib saat berkunjung di Jogja. Sebutan Mini Hollywood layak disandang oleh Studio Alam Gamplong.


Pasalnya, tempat ini awalnya ditujukan untuk set film Sultan Agung the Untold Story, besutan sutradara Hanung Bramantyo. Kemudian, disusul film Bumi Manusia yang mengambil latar Indonesia abad 16.

Ilustrasi

Studio Alam Glampong

Jika kamu tertarik untuk napak tilas Indonesia di zaman kerajaan, luangkan waktu seharian untuk menjelajah setiap sudutnya. Mata kamu akan disenangkan oleh replika Keraton Mataram, lengkap dengan kampung sekitarnya, juga Benteng Batavia.

Glamping Indekos Tour

Bagi kamu yang suka camping wajib berkunjung dan berkemah disini. Umumnya, camping dilakukan di alam terbuka dengan tidur beralaskan matras, bahkan ada yang beralaskan terpal tenda. Jika kamu ingin sensasi yang lebih nyaman, kamu bisa mencoba glamping atau glamour camping agar bisa merasakan berkemah nan mewah.


Meski tidur di tenda, kamu tetap bisa menikmati kasur empuk, pendingin ruangan, juga televisi layar datar. Sensasinya sama sekali tak berkurang, bisa-bisa malah akan menjadi liburan yang paling berkesan.

HeHa Sky View

Anak senja wajib berkunjung di tempat ini. Di HeHa Sky View kamu bisa menikmati keindahan perbukitan dan matahari tenggelam yang luar biasa indah. Dan kerlap-kerlip lampu kota yang mewah menjadi suguhan utama saat malam.

Restoran yang baru beroperasi dari September 2019 lalu ini langsung mendapat banyak atensi. Bisa terlihat, setiap harinya dipenuhi pengunjung, baik keluarga, maupun muda-mudi.

Ilustrasi

HeHa Sky View

Mengusung tiga aktivitas utama, yaitu selfie, taman, dan restoran, HeHa Sky View layak jadi destinasi akhir pekan selanjutnya. Siapkan pakaian terbaikmu dan jangan lewatkan berpose di spot-spot instajeniknya.

Bukit Panguk Kediwung

Pernahkan kamu merasa ingin menyambut pagi dengan cara yang beda, yang tidak mainstream tetapi tidak tahu harus apa? Kunjungi Bukit Panguk Kediwung untuk mewujudkannya. Niscaya kamu tidak akan kehabisan ide untuk menyongsong fajar.

Silakan mengejar pagi sambil mengendarai pegasus, atau berlayar di perahu kertas dalam lautan awan, atau dari atas gardu pandangnya.

Di sini kamu akan mendapatkan suguhan luar biasa, seperti: puncak-puncak bukit dan gumpalan awan yang saling berarak dan aliran sungai yang indah akan turut menemani pagimu di sini.

Curug Pulosari

Suka berkunjung di tempat-tempat yang tersembunyi? Datangi tempat satu ini yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk Yogyakarta. Curug Pulosari adalah air terjun tersembunyi yang menawarkan pesona tersendiri.

Pasalnya, air terjun ini terletak di dasar tebing, dan perlu melakukan sedikit trekking, yang meliputi hiking melalui hutan dan menyeberangi sungai kecil.

Di Curug Pulosari, kamu akan takjub melihat pemandangan air yang jatuh di lereng bukit, membentuk tirai air alami yang dilengkapi dengan vegetasi hijau subur di sekitarnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Seribu Batu Songgo Langit

Ingin memasuki negeri dongeng? Tempat ini wajib kamu kunjungi. Seribu Batu Songgo Langit, mimpi ajaibmu akan menjadi kenyataan.

Terletak di kawasan hutan pinus Dlingo yang terkenal, Seribu Batu Songgo Langit adalah tujuan wisata ngetren yang penuh akan pesona dan berbeda dibandingkan dengan hutan pinus lainnya di sekitarnya.

Hutan pinus ini memiliki atmosfer negeri dongeng bak film-film Disney. Kamu dapat menemukan banyak spot fotogenik di dalam hutan, aturan tata letak yang diciptakan hanya dari bahan kayu dan sarat kreativitas, seperti rumah hobbit, beruang kayu serta pondok yang sepenuhnya terbuat dari dahan dan ranting pohon.

Pantai Watu Lumbung

Ada banyak sekali pantai tersembunyi di sekitar Jogja, dan Watu Lumbung adalah salah satunya. Tak seperti pantai kebanyakan, pantai ini memiliki hamparan tebing dan batu-batu karang dengan formasi yang sangat unik.

Bahkan salah satunya memiliki lubang sehingga tampak seperti pintu gerbang yang siap menyambut kedatanganmu. Tak hanya batu-batu karang, di pantai ini juga

The Lost World Castle

Bagi kamu yang dari kecil mendambakan berkunjung ke kastil, tempat satu ini bisa jadi tempat mewujudkannya. Begitu memasuki The Lost World Castle kamu akan dibuat terpesona oleh sederetan atraksi yang memukau, mulai dari kastil bertema Eropa yang megah (lengkap dengan hiasan bernuansa Abad Pertengahan), pohon sakura, tenda Indian, dan patung Dinosaurus di sungai yang kering.

Ilustrasi

Bagi kamu yang suka memotret untuk diunggah dan terlihat keren di Instagram, maka tempat ini menjadi pilihan yang pas. Kamu bisa mencoba duduk di singgasana Iron Throne dan bertransformasi menjadi Queen Cersei atau Daenerys.

Masih belum cukup unik? Menjelajahi rumah Hobbit, Paradise Gate (gerbang nirwana) dan galeri 3D. Dijamin, Anda tidak akan kehabisan pilihan.

History of Java Museum

Bagi kamu yang suka tentang sejarah wajib berkunjung di History of Java Museum. Museum yang berjarak sekitar 30 menitan dari Pantai Parangtritis ini hadir dengan teknologi tercanggih.

Jika biasanya museum punya stigma membosankan, tidak demikian di sini. Museum ini dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality pada board informasi juga video mapping-nya. Teknologi ini akan membuat objek terlihat hidup di depan mata.

Kamu cukup mengunduh aplikasi museum berkunjung. Aplikasi ini akan membuat gambar diam, menjadi bergerak dan bersuara. Agar belajar makin seru, museum ini juga mengajak pengunjung terbang ke masa lalu melalui mini teater yang menceritakan sejarah Jawa, beragam kerajaan, hingga persebaran agamanya.

Pantai Ngrawe

Daerah Gunung Kidul adalah surganya pantai indah di Jogja. Ngrawe merupakan pantai baru yang memiliki pesona tersendiri yang mampu menarik wisatawan untuk datang.

Uniknya, pantai ini dilengkapi bangku putih serta dihiasi dengan pohon palem yang berjajar rapi. Persis seperti di luar negeri. Tak hanya itu, pantai ini juga berpasir putih sehingga dapat dipastikan kamu betah bermain air lama-lama.

Taman Tempuran Cikal

Taman Tempuran Cikal dijuluki sebagai Amazon-nya Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan menyusuri sungai sambil bermain kano atau speedboat.

Taman Tempuran Cikal merupakan harapan dari warga desa yang menyulap DAS (Daerah Aliran Sungai) menjadi tempat wisata indah. Warga Dusun Cikal bekerja sama untuk menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari warung, hingga wahana outbound, seperti mini trail.

Suasananya yang masih sangat asri dengan dikelilingi hutan bambu, juga hiasan-hiasan karya keterampilan seniman lokal membuat nuansa sejuk semakin terasa. Selain itu, semua tiket masuk wahana dibanderol murah meriah sehingga pas untuk liburan keluarga. Aksesnya juga mudah, bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat.

Selopamioro Adventure Park

Susur sungai dengan panorama alami juga bisa kamu rasakan di Selopamioro Adventure Park. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama SPark ini tergolong baru, namun sudah banjir peminat karena harganya ramah di kantong.

Wisata Jogja yang berlokasi di Sungai Oya ini menawarkan pengunjung mencicipi berbagai wahana, dari outbound, rafting, hingga susur sungai dengan kano dan dipayungi oleh rindangnya pepohonan Jati.

Ada pula spot tradisional, namun tak pernah berkurang serunya, seperti: balap bakiak, estafet air, tarik tambang lumpur, balap egrang, juga sepeda air. Pecinta foto-foto juga disediakan spot-spot instagenik di tepi sungai, seperti miniatur Tugu Jogja.

Kalinampu Pundong

Siapa yang menyangka bahwa hama tanaman seperti eceng gondok bisa tampil sangat indah sebagai latar belakang foto? Bunga-bunganya yang bermekaran ternyata bisa membuat para pengunjungnya serasa sedang berada di Jepang.

Spot wisata baru di Sungai Opak, Yogyakarta ini dipercantik dengan adanya gerbang ala Jepang yang dikenal dengan sebutan Torii. Plus, pengelola dan warga sekitar menyediakan persewaan kimono, payung, juga kipas ala Jepang.

Air Terjun Kedung Pedut

Kalau kamu dan pasangan sama-sama punya hobi berpetualang, maka singgahlah di air terjun yang satu ini.

Lokasi air terjun ini cukup terpencil, adanya di dasar lembah Perbukitan Menoreh. Namun keindahan dan keunikannya tak dapat disangkal lagi.

Uniknya, air terjun ini memiliki dua warna alami yang berbeda, yaitu putih jernih dan hijau toska. Selain dua warna tersebut, yang membuat air terjun ini lebih unik lagu adalah adanya ‘kedung’ atau kolam alami dengan kedalaman sekitar dada orang dewasa.

Puncak Sosok

Wisata Puncak Sosok menyuguhkan pertunjukan musik dengan latar belakang pegunungan. Kamu bisa menggelar tikar dan menikmatinya bersama orang terkasih.

Selain itu, sunset di Puncak Sosok adalah salah satu hal andalan yang ditawarkan. Saat tak tertutup kabut, kamu bisa menyaksikan kegagahan Gunung Sumbing Sindoro, Merapi Merbabu, dan pegunungan lainnya.

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan warung-warung berbahan kayu yang Instagramable. Kamu bisa tenang karena harga makanan dan minumannya sangat terjangkau.

Pastikan saat berkunjung menggunakan kendaraan yang prima karena jalanan menanjak. Lebih baik menggunakan motor karena akses hanya cukup untuk 1 mobil.

Demikian 15 tempat wisata hits di Jogja yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat!

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini