Share

Perang Api, Tradisi Tolak Bala Umat Hindu saat Perayaan Nyepi

Antara, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 406 2555699 perang-api-tradisi-tolak-bala-umat-hindu-saat-perayaan-nyepi-Yp0VC9ExRx.jpg Umat Hindu di Mataram, NTB menggelar ritual perang api sambut Nyepi (Antara/Awaludin)

UMAT Hindu di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar ritual perang api menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944, Rabu 2 Maret 2022.

Ritual yang melibatkan 70 orang warga Lingkungan Negara Sakah dan Lingkungan Sweta Cakranegara tersebut, digelar di simpang tiga Negara Sakah Jalan Selaparang, Cakranegara, Kota Mataram, pukul 17.30 Wita.

Salah seorang tokoh Hindu di Cakranegara, Komang Kertayasa menjelaskan perang api menggunakan daun kelapa kering (bobok) yang dibakar adalah sebuah ritual yang dilaksanakan oleh umat Hindu Lombok sebelum perayaan Nyepi.

 BACA JUGA: 11 Tips Liburan ke Bali saat Hari Raya Nyepi

"Tradisi umat Hindu Lombok itu telah dilakukan dari nenek moyang kami. Perang api dilakukan karena dipercaya sebagai pengangkat bala dan penyakit yang harus dilakukan," katanya.

Perang api dilakukan oleh warga kedua lingkungan dengan cara saling serang dan memukul lawan dengan menggunakan bobok yang sudah menyala.

 

Tradisi yang dilakukan sekitar 10 menit itu ditonton oleh ratusan warga Kota Mataram.

Pelaksanaan kegiatan adat Perang Api mendapatkan pengamanan dari gabungan personel Polda NTB, Polresta Mataram, Polsek Sandubaya dan Koramil Cakranegara, dipimpin oleh Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah.

 BACA JUGA: 4 Pantangan Saat Hari Raya Nyepi, Wisatawan di Bali Wajib Tahu Nih

Sebanyak 80 orang personel dibantu oleh Pecalang maupun PAM Swakarsa Dharma Wisesa Cakranegara Mataram, melakukan pengamanan.

"Ritual perang api dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944 berlangsung aman dan lancar," kata Nasrullah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini