Share

Jadi Destinasi Wisata Sejarah, Sandiaga: Jejak Peradaban Borobudur Ada di Candi Muaro Jambi

Antara, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 406 2556012 jadi-destinasi-wisata-sejarah-sandiaga-jejak-peradaban-borobudur-ada-di-candi-muaro-jambi-QGukPHsJYA.JPG Kompleks Candi Muaro Jambi (Foto: Instagram/@candimuarajambi)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kawasan percandian Muaro Jambi menjadi wisata berbasis sejarah di Indonesia.

"Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat dan dari lintas kementerian, Candi Muaro Jambi akan menjadi pemikiran pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi wisata berbasis sejarah," kata Sandiaga.

Sandiaga Uno menjelaskan saat ini Candi Borobudur merupakan wisata super prioritas yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Pusat, yang uniknya mempunyai jejak peradaban yang bermula dari Candi Muaro Jambi.

Candi Muaro Jambi
(Foto: Instagram/@candimuarajambi)

Dengan demikian, lanjut dia, pengembangan kawasan Candi Borobudur akan dilakukan secara satu kesatuan dengan komplek percandian Muaro Jambi.

Komplek Percandian Muaro Jambi memiliki sejarah institusi pendidikan tertua di dunia, dengan komplek percandian tersebut merupakan institusi pendidikan berbasis pendidikan tinggi yang menghasilkan kreativitas dan inovasi.

"Kami ingin mengembangkan jejak tentang peradaban yang sebetulnya menjadi pengembangan super prioritas Candi Borobudur yang ternyata jejak peradabannya itu ada di Candi Muaro Jambi," kata Sandiaga Uno.

Dengan adanya kepastian Candi Muaro Jambi sebagai destinasi wisata berbasis edukasi, Sandiaga berharap dapat meningkatkan penjualan dari produk-produk ekonomi kreatif di Provinsi Jambi.

"Jambi memiliki produk-produk ekonomi kreatif berkelas dunia, seperti teh Kerinci yang diminum oleh Ratu Elizabeth (Inggris), harapannya ini akan mengembangkan ekonomi kreatif di Jambi," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini