Share

Berusia Ratusan Juta Tahun, Geopark Merangin Diusulkan Masuk Warisan Dunia

Antara, Jurnalis · Sabtu 05 Maret 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 406 2556062 berusia-ratusan-juta-tahun-geopark-merangin-diusulkan-masuk-warisan-dunia-W9kcSnrRoV.JPG Kegiatan rafting di kawasan Geopark Merangin, Jambi (Foto: Instagram/@geoparkairbatu)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi pengusulan Geopark Merangin menjadi Unesco Global Geopark karena memiliki geosite yang berusia ratusan juta tahun.

"Kami akan bantu fasilitasi, Kemenparekraf akan memberikan pendampingan agar pengajuan Geopark Merangin di Jambi bisa sukses dalam Unesco Global Geopark (UGG), tahun lalu kami berhasil berkolaborasi untuk Belitung dan Jambi juga memiliki peluang itu," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Ia menjelaskan, Geopark Merangin memiliki potensi yang besar untuk menjadi UGG karena memiliki geosite-geosite dan menariknya geosite tersebut sudah berusia 300 tahun lebih.

Selain itu Taman Geopark Merangin memiliki jalur arung jeram yang menambah daya tarik wisatawan. Di mana jalur arung jeram tersebut akan menjadi daya tarik wisata berbasis geopark. Dan di masa pandemi Covid-19 saat ini, wisata berbasis olahraga justru menjadi tujuan utama wisatawan.

"Tahun lalu kita terlibat dalam pengusulan Belitung untuk masuk dalam UGG, kita harapkan Jambi akan menyusul," tuturnya.

Selain itu, untuk menambah daya tarik Geopark Merangin, Pemerintah Provinsi Jambi tengah kegiatan rafting atau arung jeram tingkat nasional di kawasan Geopark Merangin.

Tak hanya kegiatan rafting namun juga disusun kegiatan-kegiatan olahraga tingkat nasional di Kabupaten Kerinci seperti sepeda gunung dan kegiatan lainnya.

Di mana selain mengusulkan Geopark Merangin masuk dalam UGG, Pemerintah Provinsi Jambi turut mengusulkan Geopark Kerinci masuk dalam Geopark Nasional.

"Mudah-mudahan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas serta dukungan penuh masyarakat Jambi, Geopark Merangin pada tahun ini masuk dalam UGG," paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini