Share

Boeing dan Airbus Hentikan Pasokan Komponen ke Maskapai Rusia, Ini Faktanya

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Sabtu 05 Maret 2022 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 406 2556227 boeing-dan-airbus-hentikan-pasokan-komponen-ke-maskapai-rusia-ini-faktanya-3L91eYFWOi.jpg Ilustrasi pesawat (dok.iStock)

BOEING dan Airbus menghentikan pasokan komponen kepada maskapai Rusia. Hal ini membuat maskapai Rusia terisolasi dan analis memperkirakan maskapai Rusia akan memanfaatkan suku cadang pesawat yang masih diparkir atau mencari sumber alternatif untuk terus terbang.

Flagship Aeroflot dan maskapai lain saat ini tengah menghadapi tindakan keras Barat sebagai efek sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina.

Bahkan, Amerika Serikat juga akan mengikuti Uni Eropa dan Kanada dalam melarang penerbangan Rusia.

โ€œDengan lessor Barat juga ingin mengambil alih jet yang dioperasikan oleh operator Rusia, sektor penerbangan Rusia sekarang berada pada pijakan yang mirip dengan Korea Utara dan Iran dan mirip dengan di mana ia berada di bawah kekuasaan Soviet,โ€ kata analis Vertical Research Partners Rob Stallard melansir Reuters.

infografis

Rusia dilaporkan menyumbang enam persen dari kapasitas maskapai dunia pada 2021, menurut konsultan IBA. Maskapai Rusia memiliki total 332 Boeing dan 304 jet Airbus atau sekitar dua pertiga dari armada Rusia.

Seberapa cepat maskapai Rusia kekurangan suku cadang akan tergantung pada berapa banyak barang penting yang dimiliki. Sementara pesawat harus tunduk pada pengawasan mulai dari pemeriksaan harian hingga perawatan berat setiap enam tahun.

Pesawat milik maskapai Rusia dapat diterbangkan di dalam negeri karena memiliki persediaan suku cadang yang cukup.

Meski demikian, analis memperkirakan maskapai penerbangan mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan layanan jet di daerah-daerah yang yang masih menerima pesawat Rusia.

Selain itu, walaupun berada di negara lain yang bisa menyediakan suku cadang, maskapai Rusia menghadapi kesulitan pembayaran potensial. Khususnya setelah beberapa bank Rusia dilarang dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

Sementara itu, lessor memiliki waktu hingga 28 Maret untuk mengakhiri kontrak di bawah sanksi UE. Meskipun begitu, eksekutif industri tersebut telah menyatakan keprihatinannya tentang bagaimana maskapai dan pengadilan Rusia akan mematuhinya.

Berdasarkan data Cirium, sekitar 515 pesawat di Rusia disewa dari perusahaan asing. Sejauh ini belum ada laporan maskapai Rusia telah melepas suku cadang dari jet sewaan tanpa persetujuan.

Perjanjian pemeliharaan juga berisiko

Aeroflot tahun lalu menandatangani perjanjian jangka panjang dengan Perusahaan Teknik Pesawat Hong Kong (HAECO).

Lufthansa Technik (LHAG.DE) mengatakan telah berhenti melayani pelanggan Rusia yang melibatkan ratusan pesawat.

Kesulitan Rusia dalam mendapatkan suku cadang dapat mempengaruhi maskapai internasional yang masih terbang ke Rusia.

Maskapai Rusia juga akan dilarang mengambil jet Barat baru. Mereka memiliki 62 pesawat yang dipesan dengan Airbus atau Boeing.

Sementara itu Sukhoi Rusia bertujuan untuk menyesuaikan Superjet regional buatan dalam negerinya dengan mesin Rusia pada tahun 2024.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini