Share

Keren, Museum di Pekalongan Punya Koleksi Batik Berusia Satu Abad

Antara, Jurnalis · Sabtu 05 Maret 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 408 2556222 keren-museum-di-pekalongan-punya-koleksi-batik-berusia-satu-abad-3X5NDli06D.jpg Museum Batik di Pekalongan (dok ANTARA)

MUSEUM Batik Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengoleksi 1.307 batik kuno berasal dari berbagai wilayah Indonesia, termasuk kain batik tulis yang diperkirakan berusia lebih dari satu abad.

Kepala Museum Batik Pekalongan Akhmad Asror di Pekalongan mengatakan, koleksi batik tulis berusia sekitar satu abad tersebut bermotif Jlamprang, yang khas Pekalongan.

"Kain batik tulis bermotif Jlamprang khas Pekalongan ini merupakan salah satu aset dan koleksi batik tulis kuno yang dibuat sekitar tahun 1900 dan kini masih tersimpan dengan baik di museum," katanya.

infografis

Ia mengatakan Museum Batik yang berada di Kawasan Jalan Jetayu Kota Pekalongan ini, banyak memiliki koleksi dan motif batik kuno dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Oleh karena itu, kami mengajak bagi pecinta batik bisa mengunjungi Museum Batik. Kami mengajak mari lestarikan warisan budaya Indonesia ini," katanya.

Asror mengatakan belum lama ini, Museum Batik mendapat hibah batik dari Provinsi Jambi, Bandung, serta warga Krapyak Pekalongan yang memiliki warisan batik kuno.

Terkait dengan jumlah kunjungan di Museum Batik, ia mengatakan bahwa terjadi penurunan jumlah pengunjung ke museum ini pada Februari 2022 karena Kota Pekalongan berstatus PPKM Level 3.

"Sebelumnya, pada Januari 2022 jumlah pengunjung mengalami peningkatan dan sudah mulai ada aktivitas pembelajaran di Museum Batik. Akan tetapi hingga akhir Februari 2022 hanya mencapai sekitar 1.500 orang," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini