Share

Sekilas Mirip Maranggi, Uniknya Cita Rasa Sate Malaysia yang Manis dan Kaya Rempah

Lintang Tribuana, Jurnalis · Minggu 06 Maret 2022 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 301 2557064 sekilas-mirip-maranggi-uniknya-cita-rasa-sate-malaysia-yang-manis-dan-kaya-rempah-5ghLi8Nyed.JPG Sate Malaysia (Foto: MNC Portal/Lintang Tribuana)

BUKAN hanya di Indonesia, tetangga serumpun Malaysia rupanya juga memiliki sate pada varian kulinernya. Sate khas Negeri Jiran ini memiliki keunikan yang menonjolkan cita rasa manis yang juga kaya dengan rempah-rempah.

MNC Portal berkesempatan mencicipi sate Malaysia ini saat berkunjung ke Pulau Langkawi, pulau dalam negara bagian Kedah Darul Aman, Malaysia. Tepatnya di Restoran Berapi Ikan Bakar Seafood, yang lokasinya sekitar 14 menit dari Bandara Internasional Langkawi, jika ditempuh dengan kendaraan.

Sate ini sekilas mirip dengan sate maranggi dari Purwakarta, Jawa Barat. Tetapi sate Malaysia yang berbahan dasar daging sapi atau ayam ini disajikan terpisah dengan bumbu kacangnya.

Saat sate mulai dikunyah, rasa dominan yang dirasakan oleh lidah adalah manis. Setelah itu, baru terasa berbagai macam rempah-rempah yang menyerap sempurna ke dalam daging.

Ternyata, rasa manis dan rempah-rempah yang sangat kuat ini berasal dari proses marinasi daging sebelum dibakar. Marinasi dilakukan dengan waktu yang cukup lama agar bumbu menyerap sempurna.

"Bumbu marinasinya adalah terdiri daripada serei, jahe, bawang merah, lengkuas, ketumbar, jintan manis, jintan putih dan gula yang didiamkan bersama daging ayam atau sapi minimal 6 jam sebelum ditusuk pada lidi lalu di bakar," ujar Haryanti, TM Jakarta Liason Officer kepada MNC Portal dalam Fam Trip Travel Bubble Langkawi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kemudian sate dihidangkan bersama lontong nasi serta kuah kacang yang menurut Haryanti, memiliki bahan dasar kacang tanah, cabai kering, dan santan. Biasanya, gula merah juga ditambahkan untuk menambah warna dan rasa kuah sate.

Harga sate Malaysia yang disajikan di Restoran Berapi Ikan Bakar Seafood ini pun cukup murah, karena per tusuknya dibanderol RM 1 atau setara dengan Rp3.400. Anda bisa menjadikan sate ini pilihan kuliner Anda saat pelesiran ke Negeri Jiran ya!.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini