Share

7 Negara Tempat Berkumpulnya Bajak Laut Paling Kejam di Seluruh Dunia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 408 2557091 7-negara-tempat-berkumpulnya-bajak-laut-paling-kejam-di-seluruh-dunia-YlrxrgFvSV.JPG Perompak Somalia (Foto: Newsecuritybeat.org)

7 NEGARA tempat berkumpulnya bajak laut paling kejam di seluruh dunia akan dibahas pada artikel kali ini. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama bajak laut. Bajak laut sering muncul di berbagai acara tv atau film luar negeri.

Teror bajak laut memang sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, apakah di era yang serba modern seperti ini masih ada yang namanya bajak laut? Tentunya masih ada.

Jika bajak laut yang diceritakan pada dongeng maupun kisah fiksi lainnya identik dengan penutup mata, tangan besi berkail, dan logo tengkorak. Beda lagi dengan bajak lau zaman sekarang yang bersenjatakan senapan api saat menjarah mangsa di lautan.

Lalu, di mana sajakah 7 negara tempat berkumpulnya bajak laut paling kejam di seluruh dunia? Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman Marine Insight dan sumber lainnya.

Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pembajakan kapal yang cukup kejam. Dikelilingi oleh beberapa samudera dan selat menjadikan Indonesia sebagai salah satu jalur perlintasan kapal perdagangan. Sehingga pada beberapa kawasan, seperti Kepulauan Anambas, Natuna, dan Merundung, sering dilaporkan terjadi pembajakan kapal yang biasanya terjadi di malam hari.

Infografis Kota Paling Ramah Sedunia

Somalia

Menurut sebuah data, 54 persen dari pembajakan yang terjadi di seluruh dunia, dilakukan di lepas pantai Somalia. Alasan utama dari maraknya pembajakan di lautan Somalia adalah karena kemiskinan yang begitu ekstrim, ditambah dengan ketidak efektifan pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan.

Nigeria

Tidak berbeda jauh dengan negara Somalia, Nigeria juga dianggap sebagai negara dengan bajak laut terkejam. Negara bagian Afrika ini bahkan dianggap sebagai saranng dari bajak laut yang menyebabkan ancaman di kawasan ini begitu tinggi. Ditambah dengan otoritas angkatan laut Nigeria yang kurang dalam memberikan keamanan dan perlindungan, menjadikan kawasan ini sangat berisiko untuk transportasi kapal kargo.

Benin

Republik Benin terletak di wilayah Afika yang juga dipenuhi oleh bajak laut. Bahkan daerah ini juga dianggap sebagai salah satu daerah dengan risiko yang tinggi untuk pelayaran.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Brasil

Beberapa serangan bajak laut terjadi di dekat laut Santos, Brasil. Biasanya yang menjadi korban adalah kapal pesiar mewah. Meskipun negara ini termasuk memiliki pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, namun tidak kejahatan yang terjadi tidak berkurang. Salah satu faktornya adalah kesenjangan sosial.

Venezuela

Pembajakan yang dilakukan di perairan lepas pantai timur laut Venezuela terkenal ganas. Karena pelakunya tidak segan untuk membunuh korbannya, Kasus ini pernah terjadi pada tahun 2008 yang menewaskan seorang berwarga negara Amerika.

Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga memiliki beberapa spot untuk tindakan pembajakan. Kawasan tersebut di antaranya, Selat Malaka dan Laut China Selatan. Karena pada kawasan itu merupakan jalur perdagangan yang dilewati kapal-kapal tanker.

Demikian penjelasan Okezone mengenai 7 negara tempat berkumpulnya bajak laut paling kejam di seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini