Share

9 Cara Membantu Rakyat Ukraina yang Sedang 'Nelangsa' Dibombardir Rusia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 406 2557348 9-cara-membantu-rakyat-ukraina-yang-sedang-nelangsa-dibombardir-rusia-wL0SG7tSom.JPG Anak warga sipil Ukraina sedang memegang senjata laras panjang (Foto: Reuters/Umit Bektas)

UKRAINA sedang dilanda kekacauan manakala Rusia melanjutkan invasi ke negara itu lebih sepekan. Kini, warga Ukraina harus menanggung beban terberat, di mana terpaksa melarikan diri maupun bersembunyi di tempat penampungan sementara demi menghindari serangan brutal pasukan negeri beruang merah.

Ketika konflik berlanjut, industri perjalanan telah bereaksi, membatalkan kapal pesiar dan tur yang menyertakan Rusia dalam rencana perjalanan mereka.

Namun, gejolak yang sedang berlangsung telah menghancurkan orang-orang di seluruh dunia dan membuat mereka merasa sangat membutuhkan bantuan.

Beberapa organisasi telah melangkah untuk memberikan dukungan di lapangan kepada orang-orang dan hewan Ukraina, baik di dalam negeri maupun di daerah sekitarnya, termasuk menawarkan segala sesuatu mulai dari kebutuhan dasar seperti perumahan dan makanan hingga dukungan psikologis.

Berikut adalah cara yang dilakukan sejumlah organisasi dunia untuk membantu rakyat Ukraina, sebagaimana dilansir dari laman Travel and Leisure.

Airbnb

Airbnb menawarkan perumahan gratis jangka pendek hingga 100.000 pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina, mendanai upaya tersebut melalui perusahaan, sumbangan ke Dana Pengungsi Airbnb.org, serta menggunakan host situs.

Organisasi nirlaba lokal bertanggung jawab untuk memesan dan mengoordinasikan masa inap bagi para pengungsi, menurut perusahaan. Orang dapat menyumbang ke dana pengungsi Airbnb atau menjadi sukarelawan untuk menjamu seseorang secara online.

World Central Kitchen

Didirikan oleh koki selebriti José Andrés, World Central Kitchen menyediakan makanan sebagai tanggapan atas krisis kemanusiaan, iklim, dan komunitas

Organisasi ini menawarkan makanan hangat di penyeberangan perbatasan di Polandia serta di negara-negara sekitarnya di mana warga Ukraina telah melarikan diri. Grup ini juga mendukung restoran lokal di Kota Odessa dan Lviv di Ukraina.

Tentara Ukraina

(Foto: Geopolintelligence)

UNICEF

Kelompok yang berbasis di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini menyediakan akses ke layanan dasar seperti air dan sanitasi, perawatan kesehatan, sekolah, dukungan psikososial, dan bantuan tunai darurat.

Untuk krisis di Ukraina, kelompok tersebut mendirikan 26 pusat Blue Dot di enam negara tetangga untuk memberikan bantuan bagi keluarga yang melarikan diri, yang menawarkan segalanya mulai dari dukungan psikososial hingga memfasilitasi penelusuran keluarga dan upaya penyatuan kembali untuk anak-anak yang mungkin telah terpisah dari keluarga mereka.

UAnimals

Organisasi hak-hak hewan yang berbasis di Ukraina ini membantu menyelamatkan hewan dan memberikan dukungan ke tempat penampungan yang kehabisan makanan, uang, dan sumber daya lainnya. Orang-orang dapat berdonasi untuk membantu upaya mereka mencapai tempat penampungan dan hewan yang mereka dukung.

Amnesty International

Organisasi hak asasi manusia ini menyelidiki potensi pelanggaran hak asasi manusia dan melobi pemerintah dan perusahaan, memastikan orang mengikuti hukum internasional. Di Ukraina, kelompok itu mengatakan, telah menerima "laporan penggunaan senjata sembarangan oleh tentara Rusia."

Ke depan, kelompok itu berjanji akan memantau dan menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia serta bekerja untuk membela individu yang mungkin menjadi sasaran, seperti pembela hak asasi manusia, jurnalis, dan LGBTI Ukraina.

Doctors Without Borders

Organisasi ini, juga dikenal sebagai Médecins Sans Frontires, memberikan bantuan medis di seluruh dunia, termasuk di zona konflik.

Di Ukraina, kelompok tersebut telah mendistribusikan peralatan untuk merawat yang terluka di Mariupol dan telah memberikan pelatihan telemedicine untuk perawatan trauma bagi 30 ahli bedah dari Ukraina timur.

Selain itu, kelompok tersebut berusaha untuk mendapatkan staf dan persediaan penting ke Ukraina. Doctors Without Borders juga mengirimkan tim ke Polandia, Moldova, Hongaria, Rumania, dan Slovakia.

Ukrainian Red Cross

Palang Merah Ukraina telah melakukan upaya bantuan secara luas, termasuk mendukung pemadam kebakaran dan Layanan Darurat Negara Ukraina serta menyediakan air, makanan, dan barang-barang kebersihan serta pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan.

Save the Children

Nirlaba ini berfokus untuk membantu anak-anak dan keluarga mereka dengan bantuan, termasuk makanan, air, peralatan kebersihan, dukungan psikososial, dan bantuan tunai.

Kelompok tersebut saat ini bekerja dengan para migran dan pencari suaka di lima pusat penerimaan di Rumania dan sedang mengkaji kebutuhan di Polandia dan Lithuania.

International Rescue Committee

Kelompok ini membantu orang-orang pulih dari bencana dan membangun kembali kehidupan mereka.

Komite Penyelamatan Internasional saat ini berada di Polandia dan bekerja untuk meningkatkan dukungan untuk mengatasi krisis dan membantu memenuhi kebutuhan dasar orang-orang yang melarikan diri dari konflik.

Selain itu, kelompok tersebut melobi untuk melindungi warga Ukraina yang sudah berada di AS dengan meminta pemerintah Biden untuk memberikan Status Perlindungan Sementara (TPS) untuk Ukraina.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini