Share

Uniknya Pulau Dayang Bunting, Bentuknya Menyerupai Perempuan Hamil Berbaring

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 408 2557326 uniknya-pulau-dayang-bunting-bentuknya-menyerupai-perempuan-hamil-berbaring-YgZApZEWL6.JPG Pulau Dayang Bunting di Langkawi, Malaysia (Foto: MNC Portal/Lintang Tribuana)

PULAU Dayang Bunting di Langkawi, pulau di dalam negara bagian Kedah Darul Aman, Malaysia, merupakan destinasi favorit para pelancong baik dari lokal maupun mancanegara. Pulau ini memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai perempuan hamil yang sedang berbaring.

"Itu namanya Pulau Dayang Bunting. Sebab terlihat seperti perempuan bunting (hamil). Itu kepala, itu payudara, dan itu perutnya," ungkap Deputi Direktur Tourism Malaysia Jakarta, Haryanti kepada MNC Portal saat perjalanan menuju ke pulau itu pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Sesampainya di sana, wisatawan akan disambut dengan tulisan Dayang Bunting Marble Geoforest Park. Pulau ini merupakan kawasan yang dilindungi untuk mengelola warisan geologi berkelanjutan.

Pulau Dayang Bunting
(Foto: MPI/Lintang Tribuana)

Pengunjung yang ingin masuk ke dalam harus melalui sekira 350 anak tangga dengan track naik dan kemudian menurun untuk menuju ke bagian tengah pulau. Di sana terdapat danau yang dijuluki Tasik Dayang Bunting.

Ternyata, keunikan tak hanya berhenti pada bentuk pulaunya saja. Sebab, danau yang tampak berwarna kehijauan ini ternyata berisi air tawar meski dikelilingi laut.

"Pulau Dayang Bunting ini Dikelilingi air asin, tapi di sini (Tasik Dayang Bunting) ini air tawar. Itu kespesialannya," kata Hafis, salah satu pemandu tur.

Tasik Dayang Bunting disebut memiliki kedalaman sekria 15 meter. Di tepi danau pun tersedia jaket penyelamat dan perahu dayung sewaan untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau unik ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Danau ini pun memiliki mitos dari mulut ke mulut. Konon katanya, perempuan yang mandi di danau ini akan mendapatkan rahim yang subur.

Jika tertarik menyambangi Pulau Dayang Bunting, Anda bisa menyewa kapal dengan harga sekira RM 50 atau setara dengan Rp172.000 per orang dari Dermaga Pekan Rabu. Tetapi, Anda juga punya opsi lain dalam memilih kendaraan.

Tersedia pula paket naik jetski dari pantai Cenang dengan rute menuju Pulau Dayang Bunting dengan harga sekira RM1.000 atau Rp3,4 juta per jetski yang diisi 2 orang. Harga ini khusus untuk wisatawan asing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini