Share

Intip Kemegahan Goa Pinang, Batuan Kapur Berusia 490 Juta Tahun Dihuni Ribuan Kelelawar

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 408 2557332 intip-kemegahan-goa-pinang-batuan-kapur-berusia-490-juta-tahun-dihuni-ribuan-kelelawar-fpWPV9tNpC.JPG Goa Pinang di Langkawi, Malaysia (Foto: MNC Portal/Lintang Tribuana)

SELAIN destinasi pantai, Pulau Langkawi di Malaysia juga memiliki pesona lain. Salah satunya adalah Goa Pinang yang terletak di salah satu lokasi Kubang Badak.

Di kawasan hutan mangrove ini, terselip kemegahan goa dari batuan kapur yang berusia sekitar 490 juta tahun. Goa Pinang terbentuk dari proses kimia dan erosi ombak.

Menurut Ayu, pemandu tur mangrove Kubang Badak Biogeotrail, kawasan di sekitar goa ini dahulu memang merupakan lautan. Saat ini, berada 15 meter di atas permukaan laut.

"Kita ini di Asia Tenggara ini laut sebenarnya. Kawasan Langkawi ini salah satu pertama kelahiran bumi di malaysia. Dia terlahir dahulu," kata Ayu, Minggu, 6 Maret 2022.

Hal ini juga dibuktikan penampakan muka goa di mana terdapat endapan cangkang kerang setebal lebih dari 1 meter. Memerlihatkan sisa-sisa kedudukan permukaan laut.

Goa Pinang, Langkawi, Malaysia

(Foto: MNC Portal/Lintang Tribuana)

Goa ini pun tampak megah dan berdiri kokoh dengan bentuk batuan yang menjulang ke atas. Karena menurut Ayu, goa yang terbentuk dari proses erosi ombak memang berbeda.

"Karena terbentuk dari ombak laut dia memiliki ruang yang sangat besar. Kalau dari lelehan air saja, ruang-ruangnya lebih kecil," tuturnya.

Ruang di dalam goa itu memang sangat besar. Di bagian dalam goa yang sangat gelap disebut terdapat lebih kurang 8.000 kelelawar.

Sangat sulit untuk melihat ke dalam goa tanpa penerangan sedikitpun. Tetapi jika masuk ke dalamnya, memang terdengar bunyi-bunyian yang membuktikan adanya kalelawar yang bersarang di bagian atas.

Goa Pinang, Langkawi, Malaysia

(Foto: MNC Portal/Lintang Tribuana)

Untuk menikmati destinasi wisata berusia ratusan juta tahun ini, Anda bisa mengikuti sharing trip RM230 atau sekira Rp793.000 untuk dewasa dan RM130 yang setara dengan Rp448.000 untuk anak-anak

Sementara untuk menyewa kapal secara privat dikenakan biaya RM800 atau sekitar Rp2,8 juta per kapal. Harga-harga ini khusus untuk para wisatawan asing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini