Share

Sandiaga Uno Sebut Seluruh Wilayah Indonesia Bisa Bebas Karantina, Asal....

Antara, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 406 2557907 sandiaga-uno-sebut-seluruh-wilayah-indonesia-bisa-bebas-karantina-asal-kd4tjBa2yV.JPG Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali (Foto: Antara/Naufal)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa jika kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia secara nasional terus membaik, bukan tidak mungkin seluruh wilayah akan diberlakukan kebijakan bebas karantina.

Hal ini mengacu pada penilaian yang diterapkan untuk Bali, Batam, dan Bintan, yang secara resmi per Senin 7 Maret 2022, dinyatakan bebas karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Jika dalam 1-2 minggu ke depan angka penurunan Covid-19 dan pengendalian pandemi terkendali, tentunya ini tidak menutup kemungkinan untuk kami mempercepat pemberlakuan bebas karantina untuk seluruh wilayah Nusantara," ujarnya dalam konferensi pers virtual.

Penilaian yang digunakan untuk Bali, Batam, dan Bintan adalah evaluasi mendalam dan sangat epidemiologis. Artinya, kebijakan diambil tidak tergesa-gesa dan sangat matang.

Jadi, kebijakan tanpa karantina di Bali, Batam, dan Bintan mengacu pada pengendalian pandemi Covid-19 di tiga wilayah itu yang cukup baik. Mulai dari cakupan vaksinasi hingga angka kasus.

"Hasil survei serologi dari Kemenkes dan Kemendagri menyatakan bahwa herd immunity di Bali sudah mencapai 90 persen. Lalu, situasi pandemi di Bali pun mulai terkendali dengan angka kasus yang terus menurun," paparnya.

Tak hanya itu, angka capaian vaksin booster juga menjadi acuan untuk menilai kebijakan bebas karantina tersebut. Di Bali, vaksin booster diketahui sudah diterima 30 persen penduduk.

"Dan analisis dari pembukaan PPLN ke bali yang dilakukan beberapa waktu lalu, diketahui hanya kurang dari 1 persen PPLN yang dinyatakan positif Covid-19," tambah Sandiaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini