Share

Pelaku Perjalanan Domestik Tak Perlu Tes Antigen dan PCR, Sandiaga Uno Bilang Begini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 406 2557918 pelaku-perjalanan-domestik-tak-perlu-tes-antigen-dan-pcr-sandiaga-uno-bilang-begini-5OxcdzxrRg.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

KABAR mengenai perjalanan domestik transportasi udara, laut, dan darat tak perlu tes Antigen dan PCR langsung gemparkan masyarakat. Pernyataan itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

"Dalam rangka transisi menuju aktivitas normal, hari ini pemerintah akan memberlakukan berbagai kebijakan sebagai berikut, pertama pelaku perjalanan domestik dengan transportasi udara, laut, maupun darat yang sudah melakukan vaksinasi kedua dan lengkap sudah tidak perlu menunjukan tes Antigen maupun PCR negatif," tegas Luhut saat konferensi pers virtual.

Luhut mengatakan kebijakan ini akan diatur Kementerian dan Lembaga terkait yang akan diterbitkan dalam waktu dekat. "Hal ini ditetapkan dalam surat yang diterbitkan kementerian dan lembaga terkait yang akan terbit dalam waktu dekat ini," terangnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno pun merespons hal tersebut. Menurutnya, kabar tersebut masih dalam tahap diskusi.

"Itu didiskusikan di ratas tadi soal persiapan kegiatan perjalanan dalam negeri yang tidak memerlukan tes antigen atau PCR untuk yang sudah tervaksinasi lengkap," papar Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing, di hari yang sama.

Hal ini yang diterapkan juga di MotoGP Mandalika sebetulnya. Menurut paparan Sandiaga Uno, penonton MotoGP tak perlu lagi melakukan tes Antigen atau PCR sebelum masuk ke area penonton. Jadi, penonton cukup memberikan bukti sudah divaksin lengkap melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Jadi, syarat penonton MotoGP sekarang mereka enggak perlu lagi tes Covid-19 sebelum masuk, tetapi cukup menunjukkan bukti sudah divaksinasi dosis lengkap melalui PeduliLindungi," ungkap Sandiaga.

Pemerintah saat ini memang tengah mempersiapkan situasi menuju transisi dari pandemi ke endemi. Makanya, beberapa kebijakan yang mengarah kepada upaya transisi mulai dilakukan sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini