Share

5 Negara yang Diam-diam Mencintai Indonesia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 408 2558224 5-negara-yang-diam-diam-mencintai-indonesia-SzbsOPUsev.jpg Ilustrasi Indonesia (dok Freepik)

INDONESIA adalah negara Asia Tenggara yang memiliki sejarah panjang di antara kekuatan Barat dan Kekuatan Timur selama berabad-abad. Hal ini membuat Indonesia jadi terkenal di mata dunia, terutama terkait dengan keindahan alam serta keramahan bangsanya.

Makanya, hal itu membuat sebagian besar negara mencintai Indonesia. Nah, melansir laman Daily International Review pada Selasa (8/3/2022), berikut 5 negara yang diam-diam mencintai Indonesia.

Palestina

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pertama yang mengakui Palestina di PBB (Kemenlu RI di Yordania, 2018). Sejak awal, Indonesia menunjukkan kepedulian dan simpati yang besar terhadap Kemerdekaan Palestina. Untuk menjaga solidaritas antar anggota Liga Arab, Indonesia berdiri dengan pembebasan Palestina melawan Israel, Amerika Serikat, dan pendukung mereka lainnya.

Sementara anggota Liga Arab lainnya telah menunjukkan minat mereka untuk normalisasi hubungan dengan Israel, Indonesia berdiri dengan kepentingannya sendiri di Palestina untuk menolak proposal normalisasi yang diberikan oleh Amerika Serikat.

Akibatnya, situasi ini semakin mendekatkan hubungan diplomatik Indonesia-Palestina. Oleh karena itu, Palestina patut berterima kasih kepada Indonesia dan sangat wajar jika Indonesia bisa disebut sebagai salah satu sekutu terbaik Palestina.

infografis

Arab Saudi

Sekitar 10,3% dari PDB Arab Saudi berasal dari sektor perjalanan dan pariwisata pada tahun 2019. Menurut World Travel & Tourism Council (2020), Indonesia adalah pengunjung terbesar ke-4 yang mencapai 8% dari total pelancong di seluruh dunia. Ikatan hubungan Islam telah memainkan peran penting dalam kerja sama bilateral ini.

Saat ini Indonesia dan Arab Saudi adalah anggota Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam yang memberikan peluang bagi kedua negara untuk membangun agenda bersama, terutama pada kepentingan geopolitik. Namun dalam kasus tertentu, Indonesia merasa tidak senang dengan Arab Saudi yang memiliki perlindungan rendah terhadap pekerja perempuan asing di sana.

Ribuan pekerja wanita Indonesia merasa tidak aman dan mengalami pengalaman buruk karena tingginya angka pemerkosaan terhadap pekerja wanita Indonesia di Arab Saudi. Meski demikian, ikatan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi masih sangat erat. Hal itu bisa dibuktikan dengan kunjungan bersejarah Sultan Arab Saudi ke Indonesia pada Maret 2017 lalu.

China

Sejak kebangkitan ekonomi China, Indonesia adalah salah satu negara yang paling disambut dari banyak aliran investasi China. Presiden Joko Widodo melaporkan bahkan menghadiri forum Inisiatif One Belt, One Road (OBOR) China sejak masa jabatan Presiden pertamanya pada tahun 2017.

Menurut Bloomberg (2019), Indonesia merupakan proyek infrastruktur China terbesar di Asia Tenggara dengan total nilai lebih dari US$92 miliar. Dalam konteks yang sama, China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia (US$72,89 miliar) dan investor terbesar kedua di Indonesia (US$4,7 miliar), melampaui Jepang.

Padahal, merek Smartphone China seperti Oppo dan Xiaomi telah menguasai pasar Indonesia (pangsa pasar 45%), mengungguli merek Smartphone Korea Selatan Samsung. Sementara konfrontasi Indonesia dengan pemerintah China tentang Uighur dapat merusak hubungan bilateral kedua negara.

Jepang

Indonesia merupakan salah satu negara jajahan Jepang dalam Perang Dunia II. Sejak berakhirnya Perang Dunia II, Jepang dan Indonesia merayakan perjanjian damai bersejarah pada tahun 1958 yang memulihkan hubungan bilateral antara kedua negara.

Sementara itu Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden keenam Indonesia) boleh disebut sebagai tokoh sentral yang membuat hubungan bilateral ini semakin erat dari sebelumnya, terutama dalam dimensi ekonomi dan budaya.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia telah mengkonfirmasi di situs webnya bahwa Susilo Bambang Yudhoyono adalah orang yang membangun forum kerjasama investasi yang disebut IJEPA (Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang).

Saat ini, Jepang merupakan investor terbesar ketiga di Indonesia (US$4,3 miliar) dan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia (US$31,66 miliar). Merek otomotif Jepang memainkan peran penting dalam perjanjian bilateral diplomatik ini.

Menurut Indonesia Investments (2017), lima merek otomotif Jepang (Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki) telah mendominasi 90% pasar penjualan Indonesia pada tahun 2017. Apalagi budaya Jepang diterima secara luas oleh jutaan masyarakat Indonesia, terutama anak muda. Animasi atau anime Jepang adalah salah satu favorit Indonesia selain seni bela diri Jepang dan adat istiadat tradisional Jepang.

Singapura

Singapura menandatangani persahabatan diplomatik yang lama dengan Indonesia setelah kunjungan terakhir Presiden Singapura, Halimah Yacob dengan Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo di Bogor, Februari 2020. Ikatan antara Singapura-Indonesia ditandai dengan kerja sama ekonomi bilateral yang kuat.

Singapura adalah mitra dagang terbesar ketiga Indonesia (US$30,51 miliar) dan investor terbesar di Indonesia (US$6,5 miliar). Apalagi menurut World Travel & Tourism Council (2020), Indonesia merupakan pengunjung terbesar kedua di Singapura (17% dari total pengunjung), di belakang China (21% dari total pengunjung).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini