Share

5 Wisata Edukasi di Sumatera yang Wajib Dikunjungi

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 408 2559007 5-wisata-edukasi-di-sumatera-yang-wajib-dikunjungi-T7kxtUngAf.JPG Museum Kata Andrea Hirata (Foto: Mister Aladin)

INDONESIA terkenal akan destinasi wisatanya yang indah, kulinernya yang lezat, dan keluhuran budayanya. Salah satu upaya untuk melestarikan keluhuran budaya adalah dengan mendirikan museum, di mana berbagai macam obyek peninggalan leluhur dapat dikumpulkan dan digunakan untuk tujuan pendidikan maupun hiburan.

Terdapat beragam jenis museum dengan daya tariknya masing-masing yang tersebar di setiap provinsi di Indonesia. Pulau Sumatra adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali museum menarik yang layak dikunjungi.

Berikut 5 museum yang cocok dijadikan pilihan wisata edukasi di Sumatra, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Medan

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah salah satu wisata edukasi yang inspiratif di kota Medan, Sumatra Utara. Museum dan galeri ini mengoleksi berbagai satwa liar yang diawetkan. Satwa tersebut berasal dari perburuan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Infografis Museum Batik Indonesia

Museum dan Galeri ini menyajikan berbagai diorama spesies dari berbagai negara, Gift Shop, Hunters Cafe dengan Audio Visual tentang konservasi perburuan, Studio Photo oleh fotografer profesional, dan Multi-Function Room di lantai 3 dengan koleksi mendunia.

Museum Dr. A.K. Gani, Palembang

Museum Dr. A.K. Gani didirikan untuk mengumpulkan serta melestarikan benda-benda bersejarah, yang mana berkaitan dengan kehidupan perjuangan kemerdekaan dahulu.

A.K. Gani adalah pahlawan nasional asal Sumatra Barat yang mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.

Museum ini mengoleksi peninggalan Gani seperti bintang jasa, piagam, surat-surat keputusan, foto perjuangan, cinderamata, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, buku-buku referensi pribadi, dan mobil Jeep milik AK Gani. Museum yang kaya akan inspirasi ini cocok dikunjungi untuk wisata edukasi.

Museum Adityawarman

(Foto: Mister Aladin)

Museum Adityawarman, Padang

Museum Adityawarman menggambarkan dengan jelas wujud arsitektur khas Minangkabau. Berbagai koleksi tentang kebudayaan Minangkabau dipajang di museum ini.

Mulai dari pernak-pernik khas Minang, diorama, hingga berbagai peninggalan sejarah Minangkabau. Banyak pernak-pernik kehidupan Minangkabau yang dapat Anda jumpai di museum dengan luas bangunan 2.855 m2 ini.

Museum Adityawarman ini juga sudah terkenal sebagai museum yang digunakan sebagai pusat pelestarian dari benda bersejarah. Pelestarian tersebut meliputi cagar budaya Mentawai, budaya Minang, dan budaya nusantara.

Museum Kata Andrea Hirata, Bangka Belitung

Museum Kata Andrea Hirata Belitung adalah museum napak tilas perjalanan novel Laskar Pelangi yang didirikan pada tahun 2012.

Pengunjung dapat merasakan suasana yang ada di novel Laskar Pelangi ketika memasuki museum tersebut.

Foto-foto yang dipajang di dinding museum seperti menceritakan perjalanan novel ini hingga akhirnya diadaptasi ke film.

Menelusuri lebih dalam, pengunjung akan memasuki ruang yang banyak terdapat foto Andrea Hirata dengan kalimat-kalimat inspiratif. Di museum ini juga menyimpan setiap cuplikan dan potret dari film Laskar Pelangi.

Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh

Museum Tsunami Aceh adalah museum yang dibangun untuk mengingatkan kepada generasi mendatang mengenai kejadian bencana gempa dan tsunami di Samudera Hindia pada tahun 2004 silam.

Museum ini memiliki beberapa bagian utama yang menarik untuk dieksplorasi. Dilengkapi 22 alat peraga, 7 maket, dan 26 foto mengenai tsunami Aceh.

Dilansir dari Okezone.com, Ridwan Kamil memiliki hubungan emosional dengan museum ini. Pasalnya Emil merupakan arsitek yang merancang Museum Tsunami pada 2007 lalu. Ketika masuk ke ruangan Sumur Doa, Emil meneteskan air mata.

Diakuinya, ruangan tersebut paling memberikan kesan emosional di antara seluruh bagian museum. Sumur Do'a sendiri merupakan bangunan yang menjulang tinggi yang berisi nama-nama korban tsunami Aceh yang di bagian atasnya terdapat lafaz Allah.

"Dari semua bagian museum, ini adalah ruangan yang paling emosional buat saya. Ini tempat kita berdoa untuk korban-korban tsunami dan di atas ada lafaz Allah, artinya apapun yang terjadi harus tawakal," ungkap Kang Emil.

Jika Anda ingin berkunjung ke Museum Tsunami Aceh untuk merasakan suasana emosional di dalamnya, ataupun tempat-tempat wisata lainnya di Aceh, Anda dapat memesan paket tur dan aktivitasnya di halaman ini: www.misteraladin.com/explore/product/4h3m-wisata-religi-di-aceh.

Ajak keluarga Anda menjelajahi wisata edukasi sekaligus inspiratif yang ada di Indonesia bersama Mister Aladin. Cek info lengkap mengenai berbagai aktivitas wisata lainnya yang tersedia di halaman https://bit.ly/3sxCxdT.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini