Share

Mengungkap Misteri Putri Duyung di Jepang

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Sabtu 12 Maret 2022 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 406 2560248 mengungkap-misteri-putri-duyung-di-jepang-YIT79istP5.jpg Benda yang dipercaya sebagai Mumi Putri Duyung

Para peneliti dari Universitas Sains dan Seni Kurashiki tengah melakukan penelitian terhadap sebuah benda yang dipercaya sebagai mumi putri duyung. Benda tersebut telah disimpan di sebuah kuil dan hasilnya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Banyak orang percaya, mumi tersebut memberikan keuntungan, kebahagiaan, dan kesehatan yang baik, seperti dilansir News.com.au.

Kozen Kuida (60) imam kepala di Kuil Enjuin di prefektur Asakuchi, mengeluarkan spesimen berharga sepanjang 30 sentimeter dari kotak paulownia di ruang CT scan rumah sakit hewan universitas.

Berbaring telungkup di atas meja pemeriksaan, mumi itu tampak memegangi mulutnya dengan tangan. Selain kuku dan gigi, mumi memiliki rambut di kepala dan sisik di tubuh bagian bawah.

Menurut catatan yang terdapat dalam kotak yang sama dari mumi putri duyung itu tertangkap di jaring ikan di Pantai Provinsi Tosa (sekarang Prefektur Kochi) antara tahun 1736 dan 1741.

Keluarga Kojima di Provinsi Bingo-Fukuyama membeli mumi tersebut sebelum diteruskan ke pemilik lain setelah pergantian Era Meiji (1868-1912).

Soal bagaimana akhirnya kuil Enjuin memperoleh mumi juga masih menjadi misteri. Mumi itu awalnya dipajang dalam kotak kaca untuk dilihat publik sekitar 40 tahun yang lalu. Tapi sekarang disimpan di brankas tahan api untuk mencegah kerusakan, kata Kuida.

Hiroshi Kinoshita (54) anggota dewan Masyarakat Cerita Rakyat Okayama, membuat proyek ini setelah menemukan foto mumi tersebut saat membaca materi yang ditinggalkan oleh Kiyoaki Sato (1905-1998), seorang sejarawan alam dari Satosho di prefektur. Sato diyakini telah menulis ensiklopedia pertama Jepang tentang hantu yokai, hobgoblin, dan makhluk gaib lainnya dari cerita rakyat Jepang.

(kem)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini